Senin, 25 Mar 2019 08:59 WIB

Mudik Bawa Motor Lewat Trans Jawa? Bisa Kok, Ini Caranya

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Libur lebaran kerap jadi momentum sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mudik ke kampung halaman. Dengan mulai beroperasinya sejumlah ruas tol dengan rute panjang seperti Tol Trans Jawa dan Tol Bakter Sumatra, maka ritual mudik jadi lebih mudah.

Saat mudik melewati jalan bebas hambatan, pemudik memang harus naik kendaraan roda empat atau lebih, dan tertutup. Pilihannya bisa naik mobil pribadi atau naik angkutan umum seperti bus atau layanan travel.

Tapi ada kabar baik juga nih buat para bikers yang ingin mudik ke kampung halaman membawa motor pribadi. Sebab motor juga bisa melintas di Tol Trans Jawa. Tapi dengan catatan, motor harus diangkut di bagasi bus ya.



Memangnya bisa? Tentu saja bisa. Salah satunya seperti model bus yang dipamerkan oleh karoseri Laksana di ajang Busworld South East Asia 2019, di area JIExpo, Kemayoran, Jakarta (20-22/2019) lalu.

Motor disimpan di bawah bus.Motor disimpan di bawah bus. Foto: Luthfi Anshori


Bus yang sanggup membawa 6 unit motor ini merupakan model Legacy SR2, yang dikombinasi sasis dan mesin Mercedes-Benz 1626 Transporter. Dari jenis sasisnya, bus ini tergolong high decker. Jadi bisa memiliki sisa kompartemen luas di bagian bawahnya.

"Ruang bagasi bawah bisa memuat enam motor. Tapi untuk jenisnya, hanya bisa motor bebek dan matik kecil saja. Itu pun kaca spion harus dicopot," kata salah satu sales Laksana yang berjaga di booth.



Meski ditaruh di bagasi, jangan khawatir motor lecet-lecet karena terombang-ambing goyangan bus. Sebab sudah ada pengunci roda yang bikin motor tetap tegak, meski bus melaju kencang.

Terlihat juga jarak antar-motor tidak terlalu rapat, sehingga motor dijamin bebas dari lecet karena bergesekan. "Dijamin aman pokoknya. Motor nggak bakal rusak," pungkasnya.

Wah, buat para bikers yang ingin mudik bersama motor kesayangan jadi makin aman, nih. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed