Kamis, 21 Mar 2019 18:02 WIB

Jalan Berbayar Diterapkan, Pengguna Mobil Bakal Beralih ke Motor?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Electronic road pricing (ERP). Foto: Pradita Utama Electronic road pricing (ERP). Foto: Pradita Utama
Jakarta - Tahun ini akan diterapkan kebijakan electronic road pricing (ERP) atau jalan berbayar di Jakarta. Kebijakan ini akan menggantikan pembatasan kendaraan sistem ganjil-genap.

Sama seperti ganjil genap, ERP akan diterapkan untuk kendaraan bermotor roda empat. Sementara untuk sepeda motor sepertinya tidak.

Dengan adanya pembatasan mobil tersebut, apakah pemilik mobil beralih menggunakan sepeda motor sehingga mempengaruhi penjualan motor di Jakarta? Ketua Bidang Komersial Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), Sigit Kumala mengatakan sepertinya industri sepeda motor tidak terpengaruh kebijakan ERP.



"Rasanya sih kalau nggak diterapkan di motor banyak pengaruh sih. Ganjil-genap juga nggak banyak pengaruh. Karena orang (pengemudi mobil) masih bisa mencari jalan alternatif," kata Sigit kepada detikcom.

Beda halnya kalau ERP diterapkan juga untuk sepeda motor. Tentunya pengguna sepeda motor akan bertambah pengeluarannya untuk melewati jalan berbayar.

"Ya kami berharap jangan sampai diterapin (untuk motor) ya, karena ini untuk masyarakat menengah ya. Kan berarti bayarnya lebih mahal untuk pengguna motor," ujarnya.



Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono mengatakan, ERP di ruas Sudirman-Thamrin Jakarta harus segera dilaksanakan tahun ini menyusul ganjil genap yang segera berakhir.

Ruas Sudirman-Thamrin kata Bambang adalah 1 dari 3 ring yang direncanakan menerapkan sistem ERP. Saat ini ruas jalan ERP yang jadi tanggung jawab Pemprov DKI tersebut sedang dalam proses tender. Bambang optimistis penerapan ERP di ring 1 bisa diterapkan tahun ini lantaran berbagai instrumen pendukung kebijakan tersebut telah tersedia. Termasuk penyediaan transportasi umum yang terintegrasi di koridor tersebut seperti MRT dan Bus TransJakarta. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed