Kamis, 21 Mar 2019 10:41 WIB

Wah, Yamaha India Mau Kalahkan Indonesia

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Dadan Kuswaraharja Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Yamaha Motor Company optimis dengan pertumbuhan pasar di India. Pabrikan berlambang garputala ini berharap India bisa mengalahkan Indonesia sebagai basis terbesar soal jumlah angka produksi.

Seperti yang diungkapkan bos Yamaha Motor India, Motofumi Shitara bahwa pasar sepeda motor di Indonesia sedang mengalami kejenuhan, sebabnya bisa berpeluang bagi India untuk menjadi basis produksi terbesar.



"India adalah prioritas nomor satu bagi kami di seluruh dunia. Karena (di) Indonesia, Vietnam, pasar sedikit jenuh. India berbeda. Ini memiliki populasi yang besar, jumlah pelanggan muda meningkat," ujar Shitara seperti dikutip dari ET Auto, Kamis (21/03/2019).

Untuk diketahui Yamaha Indonesia tahun lalu memproduksi 1,7 juta unit untuk penjualan lokal serta ekspor.

"Kami bertujuan memiliki volume produksi 2,5 juta unit di India dalam lima tahun ke depan," kata Shitara.



Yamaha India baru-baru ini menambah line up dengan meluncurkan MT-15 yang dibanderol 136 rupee atau sekitar Rp 28 Juta untuk bersaing di segmen motor naked roadster.

Shitara mengakui bahwa pasar kendaraan roda dua di India menghadapi tantangan karena kenaikan biaya asuransi. Ketidakpastian menjelang pemilihan umum juga telah mempengaruhi minat konsumen. Namun dia percaya hanya bersifat sementara.

"India menjual lebih dari 20 juta kendaraan roda dua setiap tahun dan (jumlahnya) terus bertambah. Pangsa pasar perusahaan kami adalah dalam satu digit. Kami ingin meningkatkan ini. Ada banyak peluang," tambah Shitara. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com