Senin, 25 Feb 2019 14:14 WIB

Dibanderol Setengah Miliar, Ini Fitur yang Bikin Mahal Triumph

Ridwan Arifin - detikOto
Triumph Scrambler 1200 Foto: Ridwan Arifin Triumph Scrambler 1200 Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Hanya berselang empat bulan sejak diperkenalkan di negeri asalnya Inggris, Triumph Scrambler 1200 resmi meluncur di Indonesia.

PT Garda Andalan Selaras (GAS) sebagai agen pemegang merek Triumph Motorcycle sendiri memilih Triumph Scrambler XE ketimbang XC. Direktur PT GAS Triumph Motorcycle, Yudi Yulianto mengatakan karena lebih sesuai dengan karakter orang Indonesia.

"Triumph Scrambler ada dua 1200 XC dan top levelnya adalah XE, salah satu alasannya adalah kita melihat karakter konsumen di masyarakat Indonesia. Rasanya mereka akan membeli yang top levelnya," ujar Yudi di Jakarta, Minggu (24/2/2019).

"Jika kita memasukkan XC harganya selisih serikit tapi spesifikasi jauh," ujar Yudi.



Lantas bagaimana spesifikasi dari Scrambler 1200 XE yang dibanderol Rp 564 Juta (Off The Road) ini?

Soal dapur pacu Yudi menjelaskan bahwa menggunakan mesin generasi terbaru dari Triumph Bonneville, yaitu mesin 1.200 cc dua silinder segaris, berpendingin cairan, delapan katup sehingga mampu menyemburkan tenaga hingga 90 daya kuda pada 7.400 rpm, torsi maksimal 110 Nm 3.950 rpm.

"Daya mesinnya meningkat 12,5 persen lebih dari Bonneville T120 biasa serta 38 persen lebih dari Scrambler 2019," kata Yudi.

Dari segi desain Yudi menjelaskan model terbaru Triumph Scrambler 1200 XE sangat cocok dengan karakter penggemar motor gede di Indonesia yang suka dengan model custom classic namun bisa diajak bermanuver dengan nyaman.

Terlebih buat yang gemar motovlog pertama kalinya untuk di sepeda motor. Triumph memperkenalkan fitur Go Pro terpadu ke sepeda motor.

"TFT generasi sebelumnya diadopsi Scrambler 1200, bisa membaca speed, temperatur, bluetooth connectivity go pro, tanpa tambahan smartphone GPS sudah terlihat di panel instrumen," kata Yudi.

Fitur anyar seperti power socket electric pun tersemat untuk pengisian berbagai gadget pribadi. Letaknya berada di dalam kotak penyimpanan di bawah jok.

Untuk menunjang penampilan off road, Triumph juga tidak sembarang menyematkan sektor kaki-kaki. Motor bergaya scrambler dari Triumph ini menghadirkan suspensi depan Showa, dan suspensi belakang Ohlins. Pelek 21 inci di depan dan 17 inci di belakang dibungkus oleh ban tubeless.

Khusus model XE terdapat inertial measurement unit (IMU) yang berarti bahwa ini memiliki fitur setting cornering ABS dan traction control berdasarkan sudut kemiringan ketika menikung).



Fitur canggih lainnya, motor ini dibekali keyless, cruise control dan lampu LED di semua pencahayaan. Dan pada model XE ditambahkan penghangat grip setang sebagai standar.

Dari sisi pengereman, rem depan sudah tersemat rem Brembo dengan dua cakram berukuran 320 mm empat piston dan kaliper M50. Sementara rem belakang single disc 255 mm dua piston. Keduanya sudah dibekali ABS, sehingga pengendara dibuat percaya diri.

Terlebih sudah dilengkapi 6 mode yaitu off-road pro, ride road, sport, rider customize, road, dan rain. Triumph Scrambler 1200XE dihadirkan di Indonesia dalam dua pilihan warna yaitu cobalt blue, dan white. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed