Rabu, 20 Feb 2019 09:05 WIB

Naik Motor Tanpa Helm di Negara Ini Takkan Ditilang

Rizki Pratama - detikOto
Naik Motor Tanpa Helm. Foto: Istimewa Naik Motor Tanpa Helm. Foto: Istimewa
Texas - Hingga saat ini Texas merupakan salah satu negara yang mengizinkan pengendara motor tidak menggunakan helm. Polisi setempat tidak memiliki kewenangan untuk melakukan menindak pemotor yang tidak pakai helm seberapa banyak pun orang yang melakukannya.

Saat ini sebuah aturan sedang diajukan untuk menegaskan pentingnya keselamatan mengendarai motor dengan penggunaan helm. Dengan aturan tersebut, polisi setempat akan mendapatkan wewenang untuk menilang pengendara motor yang tidak menggunakan helm.



Sebenarnya menggunakan helm merupakan kesadaran diri atas keselamatan tanpa perlu ditegakkan oleh aturan hukum sebuah negara. Saat ini aturan di Texas yang berlaku, pengendara motor boleh menggunakan helm apabila berusia 21 tahun ke atas, memiliki sertifikat safety riding, dan membawa asuransi kesehatan.

Aturan yang tidak tegas ini tentu saja tidak memungkinkan bagi polisi sembarangan memberhentikan pengendara motor tanpa helm. Selama pengendara motor tidak ugal-ugalan dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain, mereka tidak akan diberhentikan karena tidak menggunakan helm.



Meskipun memenuhi persyaratan di atas, seharusnya pentingnya menggunakan helm tidak bisa dihiraukan begitu saja. Kecelakaan tidak selalu terjadi karena kesalahan pengendara melainkan banyak faktor di luar pengendara dan motornya sendiri yang bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Beberapa orang di Texas berpendapat menggunakan helm hanya untuk mereka yang tidak mau mematuhi aturan lalu lintas.

Terlepas dari berbagai pandangan tersebut, pemerintah di sana terbilang kurang tegas dalam membuat aturan tentang keselamatan berkendara penduduknya. Baiknya setiap pengendara motor tanpa helm ditindak layaknya yang sudah dilakukan sebagian besar negara tanpa perlu mempertimbangkan kondisi tertentu seperti aturan yang disebutkan sebelumnya. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com