Senin, 18 Feb 2019 09:34 WIB

Tren Skutik Bongsor nan Mahal di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
BMW C 400 X. Foto: Dok. BMW Motorrad BMW C 400 X. Foto: Dok. BMW Motorrad
Jakarta - Masyarakat Indonesia tengah keranjingan motor berjenis skuter matik alias skutik. Tren skutik ini terus berkembang dari tahun ke tahunnya. Skutik dianggap lebih praktis apalagi untuk dikendarai di jalanan macet.

Produsen motor pun menyadari hal tersebut sehingga mereka menyajikan motor skutiknya di Indonesia.

Banyak varian skutik yang ditawarkan di Tanah Air, dari yang harganya murah hingga mahal sekalipun ada. Namun yang saat ini sedang digandrungi adalah skutik jenis premium. Skutik berbodi bongsor, kapasitas mesin besar, dengan harga yang cukup menguras kantong.


Sebelumnya ada Yamaha Xmax, Kymco Downtown 250i, dan Honda Forza kini skutik berkapasitas lebih dari 250cc kedatangan pemain baru yakni BMW C 400 X. Motor berjenis skuter ini melengkapi jajaran motor touring BMW yang sudah dijual sebelumnya. Dengan kapasitas mesin hampir sama, BMW C 400 X sering dibanding-bandingkan dengan Forza dan juga Xmax.

Perlu diketahui Xmax dan Forza kapasitas mesinnya dikurangi untuk pasar Indonesia menjadi 250cc (sebelumnya 300cc), tidak dengan BMW C 400 X. Sama dengan yang dijual di luar negeri, BMW C 400 X masih mengusung mesin 350cc.


Kemudian soal harga, BMW C 400 X ini cukup mahal. Kalau skutik bongsor seperti Xmax, Forza, dan Kymco dijual dengan harga di bawah Rp 100 juta, BMW C 400 X justru tembus Rp 259 juta off the road. Tentunya harga bisa lebih mahal lagi mengingat pajak yang bakal dibebankan.

Sebagai informasi Yamaha Xmax dijual dengan harga Rp 57,8 juta. Sementara Forza dibanderol Rp 76,5 juta, kemudian Kymco dibanderol Rp 68 juta.


Kehadiran BMW C 400 X melengkapi jajaran model skutik yang dimiliki oleh BMW Motorrad sebelumnya seperti, BMW C 650 GT dan C 650 Sport.

Bicara spesifikasi mesin, BMW C 400 X mengusung mesin 350 cc satu silinder dengan sistem transmisi CVT 350. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 34 hp di 7.500 rpm dan torsi puncak 35 Nm pada 6.000 rpm.

Satu fitur yang menjadi ciri khas BMW C 400 X adalah adanya fitur BMW Motorrad Connectivity. BMW Motorrad Connectivity memungkinkan pengendara mengoneksikan smartphone dengan motor dan helm via Bluetooth.


Simak Juga 'Sensasi Berkendara dengan Skutik Hybrid':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed