Jumat, 01 Feb 2019 12:59 WIB

Begini Tampilan 'Baju Balap' BMW S1000RR di WSBK

M Luthfi Andika - detikOto
BMW S1000RR di Ajang WSBK Foto: pool ( asphaltandrubber) BMW S1000RR di Ajang WSBK Foto: pool ( asphaltandrubber)
Jakarta - BMW Motorrad jadi salah satu peserta baru di ajang balap World Super Bike (WSBK) musim 2019. Pabrikan asal Jerman ini menggandeng tim Shaun Muir Racing (SMR), dengan pembalap Tom Sykes dan Markus Reiterberger.

Seperti dilansir dari asphaltandrubber.com, tim SMR akan memakai model BMW S1000RR sebagai kuda balapnya. Khusus di ajang balap, motor massal ini pun sudah mendapatkan sejumlah penyesuaian agar cocok digunakan di lintasan balap.



Dilihat secara umum, BMW S1000RR ini mengusung warna kebesaran BMW yang mengombinasikan putih, biru, dan merah. Sebagai tambahan, ada nomor rider dan emblem bertuliskan 'RR' yang membentang di samping fairing.

BMW S1000RR di Ajang WSBKBMW S1000RR di Ajang WSBK Foto: pool ( asphaltandrubber)


Dari foto-foto yang disebarkan asphaltandrubber.com, BMW S1000RR tampak sudah menggunakan suspensi depan Öhlins, dengan kombinasi kaliper rem dari Nissin. Ini tentu mengejutkan karena biasanya motor yang berlaga di ajang balap kasta tertinggi, akan menggunakan rem Brembo.

Sebagai motor yang akan digunakan di ajang balap, BMW S1000RR versi WSBK juga mendapatkan beberapa tombol pengaturan elektronik di bagian kiri setang. Tampak juga tuas aktuator yang berfungsi sebagai rem tangan.



Sebagai informasi, rem belakang di tuas setang saat ini jadi hal yang lazim digunakan di balap motor. Fitur ini sangat berguna untuk rider, ketika berbelok ke kanan. Saat kondisi seperti itu, biasanya posisi kaki akan menggantung, sehingga menyulitkan menginjak pedal rem. Jadi adanya opsi tuas rem di handle, bakal memudahkan rider.

Kembali ke BMW S1000RR versi WSBK, menggunakan sasis dan swingarm yang sama dengan produk massalnya. Namun khusus untuk lengan ayun, dikabarkan sudah mendapat penyesuaian untuk meningkatkan rigiditas motor. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com