Rabu, 30 Jan 2019 07:58 WIB

3 Hal yang Membuat Motor Boros Bensin

Luthfi Anshori - detikOto
Sepeda motor. Foto: Istimewa/AHASS Sepeda motor. Foto: Istimewa/AHASS
Jakarta - Siapapun pengendara motor, pasti ingin kendaraannya irit bahan bakar. Apalagi jika motor dipakai buat kendaraan harian, bensin yang irit tentunya bisa bikin hemat pengeluaran.

Nah, kira-kira Otolovers sudah tahu belum, faktor apa saja yang bisa membuat motor kesayangan jadi boros bahan bakar?

Seperti dijelaskan laman hondacengkareng.com, ada 3 faktor yang bisa menyebabkan motor boros BBM. Apa saja? Yakni kondisi jalan, cara berkendara, dan settingan pada mesin.


Kondisi jalan bisa memengaruhi konsumsi bensin motor. Secara umum, pengendara yang menempuh kondisi jalanan macet akan mengonsumsi BBM lebih banyak dibandingkan pengendara yang menempuh kondisi jalan lancar. Hal ini disebabkan oleh pembukaan dan penutupan throttle atau gas lebih banyak pada jalan macet dibandingkan jalan lancar.

Selanjutnya, cara mengendarai motor juga bisa berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar. Gaya berkendara yang suka membuka gas mendadak akan mengakibatkan pembuangan bahan bakar yang sia sia karena terlalu cepat dibandingkan putaran mesin.

Untuk konsumsi BBM yang optimal, disarankan untuk membuka gas lebih stabil dengan cara diurut secara perlahan.


Terakhir, faktor yang juga memengaruhi konsumsi bensi adalah setting pada mesin.

Settingan mesin dapat berpengaruh pada tingkat konsumsi BBM motor. Beberapa contoh setting yang dapat mempengaruhi tingkat konsumsi BBM adalah klep yang lenggang, setelan karburator, jarak renggang busi, hingga filter udara yang kurang bersih.




Tonton juga video 'Motor Masuk Tol, Menhub Masih Pikir-pikir':

[Gambas:Video 20detik]

(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed