Kamis, 24 Jan 2019 07:08 WIB

Kreatif! Bikin Motor dari Kardus

Rizki Pratama - detikOto
Motor yang Terbuat dari Kardus. Foto: Istimewa Motor yang Terbuat dari Kardus. Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak hal bermanfaat yang bisa dilakukan ketika memiliki waktu senggang. Salah satunya dilakukan oleh seorang seniman dari Brasil yang membuat replika motor Kawasaki Ninja ZX-10R dari bahan kardus. Replika ini berskala 1:1 alias berukuran sama seperti aslinya.

Sebelumnya Yamaha pernah membuat koleksi papercraft DIY (do it yourself) model motor mereka namun dalam skala yang kecil. Lalu bagaimana jika papercraft motor ini dibuat dengan ukuran sebenarnya dengan tingkat presisi dan kemiripan yang akurat?



Ini adalah tantang tersendiri bagi seniman tersebut dan dia berhasil menyelesaikannya dengan sebuah karya yang menakjubkan dengan bahan dari kertas kardus. Seniman Brasil ini terkenal melalui sosial media dengan nama Gabriel Ccb dan memiliki cukup banyak portfolio reproduksi kardus.

Gabriel mengunggah pembuatan Kawasaki Ninja ZX-10R replikanya dalam bentuk video timelapse berdurasi 30 menit ke Youtube. Dapat dilihat dalam video bagaimana pria ini mengukur, memotong dan memasang berbagai part motor menjadi sebuah karya seni yang patut dihargai tersebut.



Gabriel membuat semua part motor mulai dari rem cakram, mesin dari dalam hingga luar, kaca spion, dan berbagai detail lainnya. Tidak hanya mirip, beberapa fungsi mekanikal seperti pijakan kaki bisa dilipat, dan tuas rem bisa ditarik, dan tuas gas di setang juga bisa diputar.

Sekilas replika dari kardus ini tampak seperti motor sungguhan yang cukup diisi bensin untuk digeber di jalanan. Salah satu kekurangannya hanyalah bahan kardus yang membuat finishing cat membuatnya kurang maksimal.



Tonton juga video 'Besi Bekas Dirakit Jadi Mobil Ala Royal Wedding':

[Gambas:Video 20detik]


Kreatif! Bikin Motor dari Kardus
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com