Rabu, 23 Jan 2019 16:58 WIB

Kisah Tiga Rider Malaysia Umrah Pakai Motor Bebek

Rangga Rahadiansyah - detikOto
3 Rider Malaysia Umrah Naik Motor. Foto: Dok. Facebook Gie Mekoh Nga Mutor 3 Rider Malaysia Umrah Naik Motor. Foto: Dok. Facebook Gie Mekoh Nga Mutor
Mekah - Tiga pria asal Kelantan, Malaysia, berhasil menuntaskan misinya. Mereka melaksanakan perjalanan ibadah umroh naik motor dari Malaysia sampai Mekah, Arab Saudi.

Mungkin berkunjung ke Tanah Suci merupakan impian bagi umat Islam. Tak terkecuali kawanan yang menamakan dirinya 'Gi Mekoh Nga Mutor' ini. Tak pakai jasa agen perjalanan atau pesawat terbang, kawanan yang beranggotakan Diami Yusuf (58), Mohamad Fadhli (40) dan Mohd Zalani (64) itu berangkat umroh naik sepeda motor.

Tak tanggung-tanggung, perjalanan dari Malaysia ke Mekah menempuh jarak kurang lebih 14.000 km. Perjalanan memakan waktu sekitar dua bulan. Motor yang digunakan bukan motor touring apalagi motor gede (moge). Gi Mekoh Nga Mutor hanya pakai motor bebek yang di Malaysia dijual dengan nama Yamaha 135LC atau di Indonesia dulu dijual sebagai Yamaha Jupiter MX 135.



Niat Gi Mekoh Nga Mutor naik motor menuju Tanah Suci cukup unik. Mereka ingin berangkat umrah naik motor untuk mengeksplorasi kesulitan orang-orang dahulu saat beribadah ke Mekah. Ketiga rider itu pun membuktikan bahwa walaupun hanya menggunakan motor bebek, mereka bisa beribadah ke Tanah Suci.

Saat ini, Fadhli dkk sedang khusyuk menjalankan ibadah umrah. Rencananya, pekan depan ketiganya akan kembali ke kampung halamannya.

"Terima kasih telah membagikan cerita kami. Mudah-mudahan dapat memberi inspirasi dan pengajaran untuk semua. Kami masih dalam proses melaksanakan umrah. Insya Allah minggu depan kami pulang ke tanahair (Malaysia)," ucap Fadhli saat dikonfirmasi detikOto melalui pesan Facebook, Rabu (23/1/2019).



Beberapa hari lalu, Fadhli dkk sudah menginjak tanah Arab Saudi. Di Facebook pada 19 Januari lalu dirinya membagikan momen ketika berada di Madinah.

"Subhanallah
Alhamdulillah
Allahu Akbar

Madinatul Munawwarah
Masjid Nabawi
Sabtu, 19hb Januari 2019
4.30 petang waktu Saudi

Tiada coretan yang dapat kami ungkapkan, melainkan ucapan Syukur pada-Mu Ya Allah
atas kurniaan yang tidak ternilai ini.

Dan sesungguhnya, doa kalian menjadikan perjalanan kami dipermudahkan," tulisnya di Facebook.

Selama perjalanan, mereka melintasi delapan negara. Dari Malaysia, riders ini menuju Thailand, Myanmar, India, Pakistan, Iran, Uni Emirat Arab, dan tiba di Mekah, Arab Saudi. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed