Selasa, 22 Jan 2019 09:38 WIB

Helm yang Bikin Pemotor Tak Perlu Tengok-tengok

Ridwan Arifin - detikOto
Helm Canggih Bikin Pemotor Tak Perlu Nengok. Foto: Istimewa Helm Canggih Bikin Pemotor Tak Perlu Nengok. Foto: Istimewa
Las Vegas - Helm menjadi salah satu peranti penting untuk setiap pemotor demi menjaga keselamatan berkendara. Perkembangan teknologi tak bisa dimungkiri masuk di sendi-sendi otomotif, termasuk helm.

Argon Transform merupakan produk dari Whyre, sebuah startup yang berbasis di Singapura baru saja mengenalkan inovasi produk keamanan berkendara. Perusahaan ini didirikan oleh lima orang yang semuanya telah kehilangan teman dalam kecelakaan motor, mereka ingin mencari cara untuk meningkatkan kesadaran situasional pengendara.



Bagaimana kecanggihannya? Pengendara motor memiliki masalah terhadap titik buta (blind spot atau titik yang tidak terlihat karena terhalang sesuatu). Helm Argon Transform hadir dengan menawarkan sistem dual-camera dengan lensa sudut lebar untuk bidang pandang 180 derajat yang ditempelkan pada bagian depan dan belakang helm. Helm didukung teknologi Artificial Intellegence (AI) dan Augmented Reality (AR).

Untuk visual, Transform menampilkan informasi lewat gambar overlay di bagian visor pengendara. Gambar disajikan semi-transparan sehingga tidak menghalangi pandangan objek saat berkendara.

Dirasa sebagai helm canggih, layar informasi juga menampilkan situasi kamera belakang, peta visual, sistem navigasi audio, speedometer virtual, ID penelpon, dan waktu. Jadi bikin malas tengok-tengok belakang ya, Otolovers?



Selain itu, kamera depan dapat digunakan untuk merekam saat pengendara melakukan perjalanan, atau bila mengalami kasus kecelakaan. Rekaman akan disimpan ke kompartemen memori yang terisolasi menggunakan fitur blackbox.

Seperti yang diharapkan dari helm pintar, The Argons juga dapat dipasangkan dengan smartphone melalui aplikasi khusus yang dapat mencatat jarak tempuh, menghitung kecepatan rata-rata, lokasi bookmark, menjawab panggilan telepon, dan mendengarkan musik. Fungsi-fungsi ini dikontrol dengan tombol terpisah.

Tertarik buat meminangnya? Argon Transform rencananya akan diluncurkan pada awal tahun 2019, dan diperkirakan harganya mencapai USD 680 atau sekitar Rp 9 jutaan.



Simak juga video 'Helm Anti Ngantuk hingga Teknologi Smart City':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com