Jumat, 18 Jan 2019 15:33 WIB

Yamaha MT-15 Hadir, Xabre Tetap Dijual

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha MT-15. Foto: Yamaha Indonesia Yamaha MT-15. Foto: Yamaha Indonesia
Jakarta - Yamaha MT-15 resmi meluncur di Indonesia tanpa gembar-gembor. Diam-diam, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyebarkan motor naked 150 cc terbaru itu ke diler resminya.

Tanpa seremoni, peluncuran MT-15 dilakukan Yamaha dengan menyebarkan siaran pers ke media. Hingga akhirnya, Jumat (18/1/2019) siang, siaran pers Yamaha MT-15 diterima redaksi detikOto.

Di Thailand, motor ini sudah meluncur lebih dulu beberapa waktu lalu. Di sana, Yamaha MT-15 diluncurkan sebagai pengganti M-Slaz atau di Indonesia dijual dengan nama Xabre.



Namun, kehadiran Yamaha MT-15 di Indonesia bukan menjadi pengganti Xabre. PT YIMM memastikan Xabre masih dijual.

"Xabre masih tetap dijual," kata Manager Public Relation PT YIMM Antonius Widiantoro kepada detikOto, Jumat (18/1/2019).

"MT-15 hadir untuk melengkapi keluarga MT series yang telah ada. Xabre pun masih dijual," tambah Anton.

Seperti diketahui, Yamaha punya identitas sendiri dalam memasarkan motor sport naked. Pabrikan berlogo garpu tala itu punya keluarga MT series dari 150 cc sampai 1.000 cc (MT-10). Dan kehadiran MT-15 ini menjadi keluarga MT terkecil dengan mesin 155 cc.

Di Indonesia sendiri Yamaha menjajakan MT series mulai dari MT-15, MT-25 (250 cc), MT-09 (850 cc), dan MT-09 Tracer (model adventure).

"Jadi kehadiran MT-15 menambah pilihan bagi konsumen sport 155 cc yang ingin memiliki motor dengan karakter khas MT series," ujar Anton.



Yamaha MT-15 akan menemani Yamaha Xabre. Motor ini dibanderol mulai dari Rp 34.950.000 on the road DKI Jakarta.

Ada tiga pilihan warna yang disediakan untuk warga Indonesia atas motor tersebut. Yaitu warna yakni Matte Grey, Matte Blue serta Metallic Black.

MT-15 muncul dengan desain baru yang mewarisi karakter dari keluarga MT series. Terutama pada tampilan depan khususnya wajah yang nampak seperti predator. MT-15 sendiri terbilang cukup spesial, sebab telah mengadopsi teknologi Projector LED yang mampu menghasilkan cahaya lebih terang dan fokus.

Motor juga sudah dilengkapi dengan speedometer full digital yang memiliki warna negative. Ada juga fitur shift timing light yang berfungsi untuk memberi tahu kepada pengemudi kapan harus melakukan perpindahan gigi guna meraih performa berkendara yang optimal. Handle bar lebar yang menunjang posisi duduk lebih tegak serta kehadiran big bike switch untuk sistem pengoperasian motor (cut off/ on dan starter engine), sukses menciptakan kesan moge look yang kental pada MT-15.

Seluruh bodi dibuat lebih padat dengan garis tegas dan detil sudut yang tajam. Hal itu dapat dilihat secara jelas di bagian tangki serta air shroud-nya. Meski seperti itu, MT-15 diklaim tetap nyaman digunakan sehari-hari (bermanuver) terlebih motor telah disematkan suspensi up-side down.

MT-15 dibekali mesin berkapasitas 155cc 4-katup berpendingin cairan dengan 6 percepatan. Dengan kombinasi itu, motor mampu menyemburkan tenaga sebesar 14,2 kW di 10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Kelebihan lain yang ditanamkan pada mesin MT-15 adalah fitur assist yang membuat kopling menjadi ringan serta slipper clutch yang memperhalus proses perpindahan gigi sehingga meningkatkan akselerasi berkendara menjadi lebih cepat. Pengaplikasian teknologi DiAsil cylinder & forged piston membuat mesin motor diklaim menjadi tiga kali lebih awet, kuat dan ringan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed