Rabu, 02 Jan 2019 11:14 WIB

Ducati Panigale V4 Versi Balap Meluncur Tahun Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Ducati Panigale V4 R. Foto: Dok. Ducati Ducati Panigale V4 R. Foto: Dok. Ducati
Jakarta - Ducati dipastikan meluncurkan seri Panigale V4 R di tahun 2019. Panigale V4 R merupakan versi balap dari Panigale V4. Itu artinya Panigale V4 R akan dibekali sejumlah komponen racing peningkat performa.

Seperti dilansir dari laman Motorcycle, versi R dari Panigale V4 ini akan memakai sasis yang lebih rigid (kaku). Sedangkan suspensi depannya sudah pakai merek Öhlins, dan pengereman memakai kaliper Brembo.



Yang menarik lagi, Ducati Panigale V4 R ini juga sudah dibekali aero wing atau winglet tambahan di sisi fairing. Komponen ini mirip seperti yang digunakan motor prototipe Ducati di ajang balapan MotoGP.

Dengan hadirnya Ducati Panigale V4 R, maka pabrikan asal Italia ini siap memasuki ajang balap World Super Bike (WSBK) musim depan. Ducati Panigale V4 R dipercaya akan mendapat mesin dengan muntahan power mencapai 221 dk. Lebih besar dari mesin standar yang powernya berkisar 210 dk.

Sebelumnya pada September 2018 lalu, CEO Ducati Claudio Domenicali, melalui sebuah cuitan di media sosial Twitter, mengatakan Ducati akan memproduksi sejumlah komponen performa untuk Panigale V4.

"(MotoGP) Misano telah berakhir, tetapi emosi masih tetap tinggi. Ducati Corse meningkat pesat dan belajar banyak hal. Tidak sabar untuk merilis semua ini untuk versi produksi V4 kami," ujar Domenicali.



Adapun komponen MotoGP untuk motor bermesin V4 tersebut meliputi frame, lengan ayun, kontrol traksi, termasuk paket aerodinamis berupa fairing.

Ducati sendiri sudah meninggalkan konstruksi mesin L-twin, dan mulai beralih ke mesin V4 untuk disematkan ke varian Panigale.

Pada akhir 2017 lalu di EICMA Milan, Ducati sudah merilis varian sport dengan mesin ini. Dinamakan Desmosedici Stradale, motor ini dibekali mesin V engine 90 derajat, 1.103cc, 4 silinder, dengan 8 katup desmodromik.

Desmosedici Stradale mampu memuntahkan power sebesar 210 daya kuda pada 13.000 rpm dan torsi mencapai 119,3 Nm pada 12.250 rpm. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya