Rabu, 02 Jan 2019 07:56 WIB

Harga Vespa Bekas Nggak Jauh Beda dengan Model Barunya

Rizki Pratama - detikOto
Vespa Sprint. Foto: Ari Saputra Vespa Sprint. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Untuk pertama kalinya J.D Power mengumumkan penghargaan untuk kendaraan bekas dengan nilai jual kembali tertinggi di pasar Amerika. Meskipun siaran pers resmi mereka tidak menyebutkan motor sama sekali, merek teratas pada daftar tersebut adalah Vespa Scooters dengan margin besar.

Vespa bahkan mengalahkan Porsche 911 yang memiliki harga jual kembali kurang dari 60% setelah tiga tahun sedangkan. Vespa rata-rata mempertahankan 72% menurut data dari New York Times. Anda bisa membeli Vespa Sprint 150 atau GTS 300 dan menjualnya setelah tiga tahun dengan harga hampir 80% dari harga baru.


Alasan Vespa mampu mempertahankan nilai jual kembalinya cukup mudah dipahami. Pertama adalah karena Vespa diklasifikasikan sebagai merek mewah. Kedua ketersedian stok di pasar bekas Vespa sangat sedikit atau terbatas.

Di pasar Amerika Serikat, Vespa saat ini menguasai 20% di antara skuter baru, tetapi itu masih belum banyak jika dibandingkan dengan jumlah skuter Honda dan Yamaha yang sudah mengaspal di jalan dalam 30 tahun terakhir.

Lebih banyaknya kandungan logam dalam tubuh skuter Vespa menyebabkan kerusakan saat terjauh tidak separah kerusakkan motor skuter berbahan plastik. Cap mewah yang melekat juga berasal dari perawatan dan pemeliharaan yang lebih baik ketimbang skuter Cina murah yang mungkin dibuang setelah tiga tahun pemakaian.


Di Amerika Serikat sendiri Vespa Sprint masuk dalam daftar teratas rekomendasi skuter. Dengan harga baru $ 5.550 di Amerika Serikat atau setara dengan Rp 80 juta setelah beberapa tahun masih dapat dijual dengan harga $ 4.300 atau Rp 62 juta. Vespa GTS 300 ABS dijual sekitar $ 7.000 atau Rp 100 juta dengan kecepatan tertinggi 120km/j masih laku dijual $5500 atau Rp 80 juta setelah 3 tahun pemakaian. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed