Senin, 31 Des 2018 18:12 WIB

Makna Acungan Dua Jempol Jokowi Setelah Naik Gesits

Ruly Kurniawan - detikOto
Jokowi saat mencoba Gesits (Foto: Andhika Prasetia) Jokowi saat mencoba Gesits (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta - Beberapa waktu lalu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) sempat menjajal langsung motor listrik anak bangsa Gesits. Bahkan ia sempat berjanji akan membeli 100 unit bila motor sudah beredar di pasaran.

Ada hal yang menjadi sorotan ketika Jokowi menjajal motor prototipe tersebut. Yakni pesannya supaya orang Indonesia terus semangat berkarya sebagaimana dikatakan CEO PT Gesits Technologies Indo (GTI) Harun Sjech dalam wawancara eksklusif bersama detikOto di Jakarta.

Jokowi saat mencoba Gesits

[Gambas:Video 20detik]



"Pada saat Presiden Jokowi naik motor ini, pada saat selesai naik motor, beliau sempat berhenti sebentar saat turun. Lalu mengacungkan dua jari (sambil mengacungkan 2 jempol). Buat saya cukup (puas)," kata Harun.



"Saya tidak tahu sih (secara pasti maknanya). Tapi dari sini saya tangkapnya bahwa orang Indonesia harus semangat untuk berkarya," lanjutnya.

Harun juga mengatakan, lahirnya Gesits membuktikan bahwa orang Indonesia memiliki kemampuan yang dapat bersaing dengan Jepang maupun negara lainnya dalam hal otomotif. Sebab motor benar-benar diriset dan dibuat oleh anak bangsa.

Gesits awalnya merupakan hasil penelitian ITS sejak awal 2007 kemudian dilanjutkan ke tahap yang lebih serius. Kemudian pada tahun 2015, jadilah prototipe dan langsung diikutsertakan dalam ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS). "Tahun 2015 kita pajang dan tampilkan di IIMS 2015 dan dapat respons positif dari masyarakat. Kemudian tahun 2016 motor jadi prototipe risetnya dan kami launch di ITS," kata Harun.



Sejak saat itu tercatat sudah ada berbagai institusi yang memesan motor tersebut. Setelah lakukan penyempurnaan dikatakan Gesits akan memulai debutnya pada awal 2019.

"Kami akan luncurkan sekitar Januari atau Februari 2019. Namun tanggal pastinya belum bisa kami katakan," kata Harun. "Gesits siap bersama-sama memeriahkan pasar otomotif roda dua Indonesia," tutupnya.

Tonton Buka-bukaan CEO Gesits Harun Sjech

[Gambas:Video 20detik]



(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com