Rabu, 26 Des 2018 10:38 WIB

Kaleidoskop 2018

Jokowi Jadi Anak Motor

Dina Rayanti - detikOto
Jokowi saat Sunmori. Foto: Ray Jordan Jokowi saat Sunmori. Foto: Ray Jordan
Jakarta - Presiden biasanya identik menumpangi mobil paling aman ketika sedang berpergian. Namun berbeda dengan presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Jokowi dalam beberapa kesempatan justru mengendarai sepeda motornya sendiri meski masih mendapat pengawalan ketat dari Paspampres.

Minat Jokowi pada sepeda motor sebenarnya sudah terlihat sejak pertengahan 2017. Lalu Oktober 2017, hobi Jokowi akan sepeda motor semakin terlihat usai ia memesan satu motor kustom karya builder lokal Elders Garage. Motor itu bergaya chopper dan memiliki warna emas.


Februari 2018, Jokowi terlihat kembali menunggangi sepeda motor dalam kunjungannya ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Tak sendirian di atas motor, Jokowi membonceng sang istri Iriana. Motor yang ditunggangi Jokowi pun terbilang langka di Indonesia yakni motor listrik.

Perjalanan sepeda motor itu dilakukan Jokowi dari tempat helikopter Kepresidenan Super Puma mendarat, yakni di Pelabuhan Ewer, di pinggir Sungai Aswet, Agats. Dari lokasi itu, Jokowi memboncengkan Iriana menggunakan sepeda motor menuju Kampung Kayeh di Kota Agats, yang berjarak 6-7 kilometer.

Jokowi saat naik motor listrik di PapuaJokowi saat naik motor listrik di Papua Foto: Dok. Biro Pers Setpres

Kunjungan kerja naik motor sepertinya menjadi hal lumrah bagi Jokowi. April 2018 motor kustom chopper emas digas Jokowi ke Sukabumi di sela-sela kesempatannya kunjungan kerja. Tak sendirian, Jokowi juga ditemani Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri PU Basuki Hadimuljono.

Jokowi kembali menggegerkan dunia otomotif saat ia terlibat dalam upacara pembukaan Asian Games 2018. Jokowi kembali beraksi di atas moge Yamaha FZ1. Hal itu pun sempat menjadi perdebatan karena aksi tersebut tidak sepenuhnya dilakukan Jokowi melainkan stuntman asal Thailand.

Akhir Agustus 2018, Jokowi kembali memesan motor kustom bergaya bobber ke builder lokal Katros Garage. Kemudian motor berwarna hijau itu baru digeber Jokowi pada awal November 2018 ke pasar Anyar, Tangerang. Tak jauh memang, Jokowi menempuh jarak 8,5 km yang ditempuhnya dengan waktu 20 menit. Jokowi beralasan mengendarai motor untuk sekadar menjajal motor terbarunya itu.



"Pengen aja nyoba motor baru. Tarikannya bagus. Kan nggak ngebut kita hanya 30-40 km/jam," tuturnya saat itu.

Beberapa hari setelahnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat lagi menggeber motor listrik karya anak bangsa Gesits. Motor itu rencananya baru dirilis awal Januari 2019.

Foto: Andhika Prasetia


Aktivitas Jokowi naik motor tahun 2018 belum usai. Masih di bulan November 2018 Jokowi ditemani Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan pengendara sepeda motor dari berbagai komunitas mengelilingi Bandung sambil naik motor. Jokowi masih menggunakan motor modifikasi Kawasaki W175.



Tonton juga video saat 'Naik Motor Trail, Jokowi Pernah Lewati Lokasi Penembakan di Papua':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed