Senin, 17 Des 2018 14:10 WIB

Balapan Liar di Kantor Bupati, Empat Remaja Diangkut Satpol PP

Deden Rahadian - detikOto
4 Remaja pebalap liar yang diamankan Sat Pol PP Kabupaten Tasikmalaya Foto: Deden Rahadian 4 Remaja pebalap liar yang diamankan Sat Pol PP Kabupaten Tasikmalaya Foto: Deden Rahadian
Tasikmalaya - Ada ada saja ulah empat pelajar nakal di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Mereka memanfaatkan libur sekolah yang dimulai hari ini untuk menggelar balapan liar. Tak tanggung tanggung, lokasi yang dipilih komplek kantor Bupati Tasikmalaya di Jalan Bojongkoneng Singaparna.

Aksi balapan liar dilakukan saat jam kantor hingga mengganggu PNS yang bekerja Senin (17/12/18). Keempatnya merupakan pelajar salah satu SMP di Cigalontang berinisial masing-masing Y (14), H (15), J (15), dan R (15) warga Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya.

Aksi balapan liar ini terpergok anggota Satpol PP yang sedang melakukan patroli. Petugas langsung mengamankan empat remaja termasuk kendaraan yang dipakai balapan liar. "Tadi kita menerima laporan dari warga, dan kebetulan anggota kami yang berpatroli memergoki aksi mereka. Langsung melakukan penangkapan, " kata Sekretaris Dinas Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Fauzi.



Keempat remaja tanggung yang masih tercatat sebagai Siswa SMP di Kecamatan Cigalontang ini langsung dibwa ke Kantor untuk dilakukan BAP dan pembinaan. Mereka sempat melawan petugas dengan berkilah sedang uji sepeda motor pasca keluar bengkel. Selain membahayakan orang lain, aksi balapan liar juga membahayakan diri sendiri. Apalagi pelajar ini balapan tanpa menggunakan helm dan pengaman.

"Mereka sempat mengelak melakukan balapan liar, tapi kami temukan video di salah satu mereka. Kebetulan mereka merekam balapan itu," tambah Ahmad.

Salah seorang pelajar mengaku hanya nongkrong di kantor Bupati memanfaatkan libur sekolah. Mereka sengaja membawa motor yang baru keluar dari bengkel. Mereka merengek meminta dibebaskan saat menjalani pemeriksaan di kantor Pol PP Kabupaten Tasikmalaya. Mereka berdalih akan mengikuti studi tour ke Yogyakarta, Senin sore.

"Ini mah nongkrong saja sambil menunggu keberangkatan," ujar seorang remaja.

Mengantisipasi hal serupa, Pol PP Tasikmalaya akan lebih mengoptimalkan patroli anggota dengan melakukan patroli bergiliran. Hal ini sementara dilakukan sebelum pintu gerbang terpasang. "Menunggu pintu gerbang terpasang, kita lakukan patroli secara berkala. Untuk mengantisipasi hal serupa di Kantor Setda," pungkas Ahmad.

Keeempatnya masih menjalani pemeriksaan rencananya orang tua dan guru siswa nakal ini akan dipanggil ke sekolah. (bbn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com