Kamis, 13 Des 2018 19:31 WIB

Kendaraan Listrik, Jadi Misi Menyelamatkan Bumi dari Pemprov DKI

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Beberapa waktu terakhir, Jakarta masuk di jajaran kota dengan kualitas udara terburuk di dunia. Salah satu langkah untuk menguranginya ialah dengan beralih menggunakan kendaraan ramah lingkungan (listrik maupun hibrida).

Seperti itulah yang dipaparkan Asisten Deputy Gubernur Bidang Transportasi Setda DKI Sunardi Sinaga saat meresmikan pemberian 50 unit motor listrik Viar Q1 oleh PT Paiton Energy di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

"Beberapa waktu terakhir ini Jakarta menjadi kota yang tingkat pencemaran udaranya pernah menduduki nomor 1. Kita selalu masuk 10 besar nih. Dengan kondisi ini kita dorong penggunaan kendaraan listrik agar bisa memulihkan udara Indonesia," katanya.


"Kita harus tanam juga dalam pikiran bahwa harus bertanggung jawab menjaga alam, kualitas udara kita," lanjut Sunardi.

Sehingga, menurutnya menggunakan motor listrik adalah sebagai misi menyelamatkan dunia.

"Di Indonesia, kendaraan roda dua itu mencapai 14 jutaan unit. Bayangkan bila semuanya sudah beralih ke kendaraan listrik. Berapa biaya yang dapat kita redam dan lingkungan juga bakal bersih. Jadi saya pikir arahnya itu adalah bagaimana caranya kita menyelamatkan bumi," kata Sunardi.


Tentu untuk melakukan hal tersebut harus ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Mengingat, menurutnya, pelaksanan percepatan kendaraan listrik di Indonesia masih lamban.

"Harus ada beberapa hal yang dilengkapi seperti supply energi. Nanti harus ada spot khusus untuk pengisian daya kendaraan listrik. Sistemnya harus disiapkan. Saya kira, penerapan percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia kurang cepat," tutup Sunardi.



Tonton juga video 'Buktinya Kalau Motor Listrik Bisa Dicetak dengan Printer 3D':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed