Kamis, 13 Des 2018 17:25 WIB

BUMN Banyak yang Lirik Motor Listrik Made In Indonesia Ini

Ridwan Arifin - detikOto
Motor listrik Viar Q1 Foto: Lamhot Aritonang Motor listrik Viar Q1 Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Salah satu pelopor motor listrik di Indonesia, Viar, sudah menjual varian listrik mereka. Sejak Juni 2017, motor yang dirakit Semarang tersebut resmi meluncurkan Viar Q1 di Balai Kartini, dengan harga on the road Jakarta saat ini dibanderol Rp 18 Juta.



Lebih dari setahun Viar bermain di segmen motor listrik, menurut Corporate Manager Viar Motor Indonesia, Deden Gunawan saat ini konsumen motor listrik untuk model Q1 masih didominasi oleh pesanan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Kemungkinan sejauh ini peminat nya yang baru pakai perusahaan BUMN, PLN, dan vendor-vendor nya perusahaan pembangkit, dan komunitas motor listrik (Viar Electric Community) nah VEC banyak tidak hanya penggiat motor listrik, solar panel semua hal yang berbau listrik dan itu sudah ada komunitasnya di Indonesia," ungkap Deden kepada wartawan di Ragunan, Kamis (13/12/2018).



Sejauh ini hingga November 2018, Viar Q1 mampu menjual sekitar 300 sampai 500 unit per bulan. Deden mengatakan untuk tahun depan menargetkan 1.000 unit motor listrik per bulan dapat terjual di Indonesia.

"Tahun depan kita di Viar cuma minta 1.000 unit per bulan," ungkap Deden.



Bicara soal spesifikasi motor listrik bertenaga 800 watt itu, motor bisa berlari dengan kecepatan sampai 60 km per jam dengan jarak tempuh sejauh 60 km.

Baterai Viar Q1 mengusung baterai ion lithium dengan siklus pengisian antara 600-800 kali. Kapasitas baterai mencapai 2 KwH dengan waktu pengisian sampai penuh antara 5-7 jam.


Tonton juga 'Ini Buktinya Kalau Motor Listrik Bisa Dicetak dengan Printer 3D':

[Gambas:Video 20detik]

BUMN Banyak yang Lirik Motor Listrik Made In Indonesia Ini

(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed