Sabtu, 01 Des 2018 11:08 WIB

Jarak Tempuh PCX Electric Masih Kalah dengan Gesits

Dina Rayanti - detikOto
PCX Electric. Foto: Agung Pambudhy PCX Electric. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Dunia sudah mulai memasuki era kendaraan listrik. Kalau sebelumnya berbagai mobil listrik diluncurkan oleh berbagai pabrikan, kini giliran motor bertenaga listrik unjuk gigi.

Honda misalnya baru saja merilis motor bertenaga listriknya PCX Electric di Jepang. Untuk sementara motor ini terbatas untuk pasar domestik Jepang saja dan untuk kalangan tertentu mulai dari perusahaan hingga kalangan pemerintah.


Tak banyak, hanya 250 unit PCX Electric yang diproduksi di Jepang dalam setahun. Setelah Jepang, PCX Electric bakal menyasar pasal ASEAN dimulai dari Filipina.

PCX Electric sendiri sudah dipamerkan pada pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) awal November 2018. Jika nantinya masuk ke Indonesia motor ini bakal menantang Viar Q1 hingga Gesits yang dikabarkan bakal mengaspal awal tahun 2019.

Infrastruktur yang belum memadai membuat jarak tempuh menjadi konsen tersendiri para calon pembeli motor. Tentunya motor yang bisa mencapai daya jelajah terjauh mendapat nilai tambah bagi motor tersebut. Pertimbangannya adalah para pengendara tak perlu repot-repot berhenti mengecas karena kehabisan baterai.


Cukup sekali mengecas, motor bisa menjelajah jarak yang cukup jauh. Para pabrikan tentu mengklaim motornya bisa menjelajah jauh sesuai dengan hasil pengetesan sendiri. Lantas di antara ketiganya, mana yang daya jelajahnya paling jauh dalam satu kali pengecasan?

Mengutip laman resmi Honda, PCX Electric dibekali baterai lithium ion berkapasitas 20.8Ahx2. Dengan baterai tersebut, jarak tempuh PCX Electric paling pendek dibandingkan Viar Q1 dan Gesits. Sesuai dengan laporan Honda ke Kementerian Darat, Infrastuktur, dan Transport Jepang yaitu 41 km dengan kecepatan konstan 60 km/jam.


Dibekali baterai ion lithium berkapasitas 2 kWh dengan tenaga 800 watt, daya jelajah Viar Q1 diklaim bisa menempuh jarak 60 km. Butuh waktu 5-7 jam untuk sekali mengecas Viar Q1.

Daya jelajah Viar masih kalah jauh dengan motor listrik karya anak bangsa Gesits. Setelah melakoni banyak uji coba, Gesits mengklaim motornya sanggup menjelajah 80-100 km dalam sekali pengecasan selama 1,5 hingga 3 jam. Gesits dibekali baterai lithium ion berkapasitas 1,98 kWh. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed