Rabu, 28 Nov 2018 10:07 WIB

Biar Tak Di-cancel Penumpang, Ojol Wanita Dibekali Safety Riding

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Wanita driver gojek (Mustiana Lestari/detikcom) Foto: Wanita driver gojek (Mustiana Lestari/detikcom)
Jakarta - Pengemudi ojek online kini tidak hanya dilakoni laki-laki, perempuan pun kini bergabung menjadi mitra driver. Tetapi Chief Public Policy and Government, Shinto Nugroho, mengatakan rating cancel mitra driver perempuan konsumen lebih tinggi 2,7 persen dibandingkan laki-laki.

"Persepsi seperti ini bisa berpengaruh pada kesempatan driver perempuan dalam mendapatkan pendapatan. Padahal mereka memiliki kemampuan dan keterampilan yang mumpuni dalam mengendarai motor dengan aman serta menjaga keselamatan penumpang," ungkap Shinto.



Untuk itu Gojek berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan dan Queen Riders yang beranggotakan lebih dari 200 ribu member baik online dan offline di seluruh Indonesia untuk bersama mengedukasi keselamatan berkendara pada perempuan.

"Gojek salah satu pilar yang paling penting bagi kita adalah keselamatan dan kesejahteraan para mitra, ternyata cancelation rate mitra perempuan lebih tinggi sebanyak 2,7 persen sementara dari keterampilan berkendara wanita tidak kalah laki-laki," kata Shinto.

Pelatihan ini diikuti oleh 100 mitra driver perempuan GOJEK, yang akan menerima sosialisasi keselamatan berkendara dari Queenrides dan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan di Auditorium Gojek, Pasaraya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan (27/11/2018).



"Kami menyambut baik kolaborasi yang terjalin antara Kemenhub, GO-JEK, dan Queensrider ini dalam memastikan bahwa para pengendara perempuan memiliki bekal pengetahuan yang cukup mengenai keselamatan dan keamanan di jalan sehingga pengemudi dan penumpang dapat sampai tujuan dengan selamat," ungkap Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi.

"Mitra driver GO-JEK pastinya menghabiskan sebagian besar kesehariannya di jalan, menghadapi berbagai risiko keamanan dan keselamatan selama mengendarai motor. Materi pelatihan yang kali ini kami berikan sudah dirancang khusus untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan para mitra driver sekaligus penumpang," ungkap Founder dan CEO Iim Fahima Jachja.


Simak Juga 'Upaya Pemerintah Minimalisir Pelecehan pada Wanita Saat Naik Ojol':

[Gambas:Video 20detik]


Biar Tak Di-cancel Penumpang, Ojol Wanita Dibekali Safety Riding
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed