Rabu, 21 Nov 2018 08:56 WIB

Piaggio Kebanjiran Pesanan Vespa Listrik

Luthfi Anshori - detikOto
Vespa Elettrica. Foto: Vespa Vespa Elettrica. Foto: Vespa
Milan - Piaggio diklaim kebanjiran pesanan skuter listrik setelah membuka penawaran pemesanan di situs resminya. Seperti diketahui, Piaggio sudah meluncurkan Vespa listrik bernama Vespa Elettrica.

Seperti dilansir Visordown, pesanan Vespa Elettrica diklaim meningkat 10 kali lipat dari yang diharapkan perusahaan. Alasan mengapa banyak orang berminat, karena mereka mulai menyadari bahwa skuter listrik lebih fungsional dibanding mobil listrik. Khususnya ketika Vespa Elettrica digunakan sebagai kendaraan harian, yang butuh manuver lincah dan kemudahan saat pengisian baterai.



Vespa Elettrica dibekali baterai lithium-ion bertenaga 4,2 kW yang bisa diisi ulang dalam waktu sekitar empat jam dari sumber listrik rumah tangga. Sayang untuk detail spesifikasi dan harga resmi Vespa Elettrica belum diumumkan lagi oleh Piaggio.

Di pameran EICMA Milan 2018, Vespa Elettrica juga hadir dalam versi X, sequential-hybrid yang menggunakan mesin termal kecil untuk menggerakkan generator. Vespa Elettrica X akan diproduksi pada tahun 2019.



Di Indonesia sendiri PT Piaggio Indonesia belum ada rencana memasukkan Vespa Elettrica. Hal itu sudah ditegaskan Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia Marco Noto La Diega pada Juli 2018 lalu.

Keengganan Piaggio Indonesia menjual Vespa Elettrica bukan tanpa sebab. Beberapa aspek harus disiapkan dahulu, mulai pasar atau pengguna motor listrik di Tanah Air, teknisi yang mumpuni, serta layanan purna jual.

"Sebagaimana yang sudah saya bicarakan, kita itu tidak hanya mengeluarkan dan menjual produk. Tapi kita ingin bangun produk (brand) itu sendiri. Kita lihat bagaimana teknisi motor listrik di Indonesia, ketersediaan diler, spare part, dan lainnya. Kalau ini sudah siap, Vespa Elettrica akan hadir di Indonesia," ujar Marco. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed