Rabu, 14 Nov 2018 13:31 WIB

Royal Enfield Rilis Konsep Motor Bermesin V

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor Konsep Royal Enfield Concept KX Bermesin V-twin. Foto: Dok. Royal Enfield Motor Konsep Royal Enfield Concept KX Bermesin V-twin. Foto: Dok. Royal Enfield
Jakarta - Royal Enfield tampaknya serius menggarap motor-motor bermesin dua silinder. Setelah meluncurkan Interceptor 650 dan Continental GT 650 yang punya mesin dua silinder segaris, merek motor legendaris itu memperkenalkan konsep motor dengan mesin V-Twin.

Tim Desain Industri Royal Enfield di India dan Inggris menciptakan inovasi baru untuk Royal Enfield dengan motor bernama Concept KX ini. Konsep ini dipamerkan di EICMA 2018.



Uniknya, konsep ini cuma dikembangkan dalam enam bulan. Concept KX terinspirasi dari motor Royal Enfield model KX yang diproduksi pada akhir dekade 1930. Kala itu, motor tersebut terkenal tangguh dengan mesin katup samping berkapasitas 1.140 cc.

Royal EnfieldRoyal Enfield Foto: Dok. Royal Enfield


Versi KX asli yang dijadikan inspirasi konsep ini adalah penggambaran motor retro modern. Tim desain di India dengan tim Royal Enfield Technical Center di Inggris menggarap proyek motor konsep V-Twin ini pada April.



Dari berbagai pilihan desain, dua di antaranya dipilih untuk dipamerkan. Keduanya mengusung gaya neo-klasik dan futuristik.

Lampu depan dan belakang motor ini menampilkan versi modern dari Redditch 'E' logo Royal Enfield. Konfigurasi kerangka dan airbox merupakan elemen penting dari mesin dan desain kantilever (menjorok keluar) digunakan pada tempat duduk motor ini.

Motor ini memiliki bagian mesin CNC seperti pelek, engine heads, dan warna cat warna cat hitam-hijau dengan stripping tembaga dan sentuhan warna hitam pada mesin dan knalpot, serta jok kulit warna cokelat walnut yang serasi dengan grip setang.

Belum ada informasi apakah motor ini bakal diproduksi massal atau tidak. Royal Enfield menegaskan, Concept KX akan tetap menjadi konsep.




Tonton juga 'Uji Ketangguhan Royal Enfield Himalayan di Jalan Offroad':

[Gambas:Video 20detik]



Royal Enfield Rilis Konsep Motor Bermesin V



(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed