Kamis, 08 Nov 2018 18:52 WIB

Dikembangkan Sejak 2015, Viar Meluncur Duluan daripada Gesits

Dina Rayanti - detikOto
Motor listrik Gesits. Foto: Andhika Prasetia Motor listrik Gesits. Foto: Andhika Prasetia
Jakarta - Motor listrik Gesits garapan Garansindo dan ITS sudah dikembangkan sejak tahun 2015. Rupanya motor listrik yang dikembangkan sejak tahun 2015 bukan hanya Gesits ada juga Viar Q1.

Dalam situs resminya Viar menulis prototipe motor listrik Viar Q1 sudah mulai dibuat sejak tahun 2015. Tahun 2016, Viar Q1 mulai unjuk gigi ke hadapan masyarakat Indonesia saat dipajang di ajang Pekan Raya Jakarta.


Pada tahun yang sama Viar menggandeng Universitas Gadjah Mada untuk riset dan pengembangan. Setahun setelahnya yakni pada 2017, Viar menggandeng Bosch untuk melakukan kerja sama sekaligus mengenalkan cara untuk memesan motor tersebut.

Pada tahun 2017 pula motor listrik Viar Q1 mulai diluncurkan. Dibandingkan Gesits, Viar memang selangkah lebih dulu. Gesits hingga saat ini belum juga mengaspal. Bahkan waktu peluncuran pun terus molor hingga Januari 2019.

Viar Q1Viar Q1 Foto: M. Luthfi Andika

Garansindo pun tak ambil pusing dengan waktu peluncuran Viar yang mendahului Gesits ini.


"Jujur saya melihatnya, saya senang. Saya nggak mau ngomong barang itu bagus atau nggak. Tapi, semangat yang dibawa Gesits telah berhasil membangunkan semangatnya yang lain," kata CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah kala itu ketika diminta komentar soal Viar Q1.

Viar pada Mei diberitakan dijual dengan harga Rp 17,15 juta mengalami kenaikan dari harga pertamanya. Sedangkan Gesits kabarnya dijual di kisaran harga Rp 20 jutaan. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed