Senin, 05 Nov 2018 19:59 WIB

Sama-sama Mesin 125cc, Pilih Motor Merek Jepang atau Eropa?

Dina Rayanti - detikOto
Skutik Peugeot. Foto: Agung Pambudhhy Skutik Peugeot. Foto: Agung Pambudhhy
Jakarta - Motor berjenis skuter matik (skutik) di Indonesia memang tengah digandrungi. Motor yang bisa dijalankan dengan cara mengegas dan rem ini cukup menjadi primadona di tengah jalanan macet Tanah Air.

Tidak heran banyak produsen motor yang memboyong skutiknya ke Indonesia. Tak terkecuali motor merek Prancis, Peugeot. Peugeot Motorcycle Indonesia yang menaungi merek Peugeot baru saja meluncurkan skutik premium terbarunya pada lantai IMOS 2018.


Skutik tersebut adalah Speedfight 125. Speedfight diklaim Peugeot sebagai motor terlaris di seluruh dunia. Motor ini mengusung mesin 125cc dan dijual dengan harga Rp 39,4 juta dan varian terbatasnya Rp 39,9 juta.

Melihat spesifikasi mesin, Peugeot Speedfight bakalan beradu dengan motor berkapasitas 125cc yang didominasi merek Jepang. Tercatat ada tiga pabrikan motor besar yang menawarkan motor bermesin 125cc di Indonesia.

Kedua merek tersebut adalah Honda, Yamaha, dan Vespa. Yamaha memiliki beberapa model skutik yang mengusung mesin 125cc. Model-model tersebut adalah X-Ride, Mio S, Mio Z, Mio M3, Fino, New Soul GT, Lexi, dan FreeGo. Harganya pun bervariasi mulai Rp 15,2 juta hingga termahal Rp 20,15 juta.

Berbeda dengan Yamaha, Honda justru tak memiliki banyak pilihan pada skutik 125cc. Skutik 125cc milik Honda hanya terdapat pada model Vario 125 ESP. Sementara sisanya bervariasi dari 110cc hingga 250cc. Vario 125 ESP sendiri dibanderol dengan harga Rp 19,2 juta.



Sedangkan Vespa juga hanya memiliki satu model dengan mesin berkapasitas 125cc. Vespa membanderol LX 125 i-Get dengan harga Rp 31,5 juta.

Secara harga, untuk motor bermesin 125cc Honda dan Yamaha masih lebih ramah dikantong daripada Peugeot dan juga Vespa. Nah Otolovers pilih skutik merek Jepang atau Eropa? (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed