Jumat, 02 Nov 2018 10:11 WIB

Yuk Intip Spesifikasi Skutik Baru Yamaha FreeGo!

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha FreeGo. Foto: Agung Pambudhy Yamaha FreeGo. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Di arena Indonesia Motorcycle Show (IMOS) Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan motor baru di kelas skuter matik (skutik) 125 cc. Motor baru itu adalah Yamaha FreeGo.

Motor ini adalah motor benar-benar baru. Skuter matik (skutik) ini menggendong mesin 125 cc.


"Konsumen menyuarakan banyak hal. Pertama mereka ingin memiliki sepeda motor yang lebih irit tapi nyaman dan kedua mereka ingin memiliki sepeda motor yang lebih keren tapi nyaman," kata Presiden Direktur dan CEO Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Minoru Morimoto di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (31/10/2018).

Berikut profil Yamaha FreeGo yang baru diluncurkan di IMOS 2018.

1. Fungsional

Yamaha mengklaim FreeGo memiliki fungsionalitas yang pas untuk penggunaan harian. Motor ini punya bagasi luas, kapasitasnya sampai 25 liter, bahkan lebih besar daripada Nmax.

"Motor ini bisa membawa perlengkapan pemakainya. Bisa bawa helm fullface, jaket, sarung tangan," kata Yordan Satriadi, Deputy GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Yamaha FreeGo memiliki lubang pengisian tangki di posisi depan. Dengan lubang tangki bahan bakar di depan, maka pengendara tak perlu repot membuka jok.

Tangki bensinnya berkapasitas 4,2 liter. Tapi, tangkinya berada di bawah dek kaki, bukan di depan karena di depan hanya lubang pengisian bensin. Tangki dilindungi plat baja dan memiliki jarak terendah ke tanah 135 mm sama seperti NMAX.

Selain itu, Yamaha FreeGo dibekali ban tubeless berukuran 12 inci. Berkendara sendiri atau bersama pembonceng tetap nyaman karena long seat dengan ukuran 895 mm. Ruang kaki yang lega pada FreeGo juga semakin menambah kenyamanan saat berkendara.

Yamaha FreeGo mengusung lampu depan LED. Ada pula lampu hazard.

Untuk kenyaman, pengendara juga bisa mengisi ulang baterai gadger melalui electric power socket. Pengendara juga tidak perlu khawatir kehilangan koneksi saat perjalanan jauh karena bisa mengisi daya smartphone melalui electric power socket.

2. Fitur

Yamaha FreeGo menggunakan fitur Smart Key System (SKS). SKS itu merupakan sistem kunci tanpa anak kunci atau biasa disebut keyless. Fitur ini menjadikan berkendara semakin praktis dan aman karena Immobilizer dan Answer Back System.

Yamaha FreeGo dibekali full digital speedometer. Speedometer digital diklaim lebih stylish, modern, dan informatif. Sepeedometer ini dilengkapi dengan 'Multi Information Display' (MID) yang berisi informasi seputar sepeda motor.

Yamaha FreeGo tipe teratas sudah dibekali Antilock Brake System (ABS). ABS membuat daya pengereman FreeGo menjadi maksimal sehingga mengurangi risiko ban slip saat pengereman.


3. Mesin

Yamaha FreeGo menggendong mesin 125cc Blue Core konsep baru dengan sistem intake baru. Mesinnya juga sudah dilengkapi dengan Smart Motor Generator (SMG) sehingga akselerasi dan starter menjadi halus.

FreeGo juga menggunakan teknologi Forged Piston & DiASil Cylinder yang diklaim lebih awet, lebih kuat, lebih ringan dengan garansi 5 tahun.

Dilengkapi Stop & Start System (SSS), FreeGo semakin irit karena mesin akan otomatis mati saat berhenti lebih dari 5 detik sehingga menghemat konsumsi bahan bakar yang tidak perlu dan akan otomatis hidup saat tuas gas diputar. Jadi pengendara bisa menyimpan uang biaya mengisi bahan bakar untuk kebutuhan lainnya.

4. Harga dan Warna


FreeGo hadir dengan tiga tipe pilihan dan dijual dengan harga Rp. 18.500.000 OTR Jakarta untuk FreeGo standard, Rp.19.700.000 OTR Jakarta untuk FreeGo S, dan Rp.22.500.000 OTR Jakarta untuk FreeGo S ABS.

FreeGo punya beragam pilihan warna yang menarik. Matte Black, Metallic Red, Metallic Blue dan Metallic White untuk FreeGo standar. Untuk FreeGo S dan S-ABS tersedia dalam dua warna pilihan Matte Red dan Matte Grey.


5. Spesifikasi lengkap

Mesin
Tipe Mesin Air Cooled 4-Stroke,SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Volume Silinder 125 cc
Daya Maksimum 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem Starter Electric & Kick Starter (Standart)
Sistem Pelumasan Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling Single dry clutch
Tipe Transmisi Full Automatic

Dimensi
P x L x T 1905 x 690 x 1100 (mm)
Jarak Sumbu Roda 1275 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Berat Isi 100 Kg
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L

Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 100/90 - 12M/C 59J - Tubeless
Ban Belakang 110/90-12M/C 64L - Tubeless
Rem Depan Single Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake

Kelistrikan
Sistem Pengapian TCI / Transistor
Battery YTZ7V
Tipe Busi CR6HSA (rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com