Kamis, 01 Nov 2018 16:58 WIB

Skutik 250 cc di Indonesia, Mana yang Termahal?

Dina Rayanti - detikOto
Yamaha Xmax. Foto: Khairul Imam Ghozali Yamaha Xmax. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Skuter matik yang dijual di Indonesia memiliki kapasitas mesin bervariasi. Mulai dari 110 cc hingga berkubikasi besar. Motor-motor tersebut pun memiliki peminatnya tersendiri.

Skutik terlaris biasanya memiliki kapasitas di kisaran 110 cc-150 cc. Namun tak berarti skutik bongsor bermesin 250 cc sepi peminat. Harganya yang cenderung lebih mahal hingga dua kali lipat dibandingkan skutik 150cc tak membuat para peminat motor ogah meliriknya.


Tercatat ada tiga merek skutik berkapasitas 250 cc yang dijual di Indonesia yaitu Yamaha Xmax, Kymco Downtown 250i, dan Honda Forza.

Memiliki mesin berkapasitas sama, harga ketiga motor itu berbeda-beda. Melirik situs resmi Yamaha Indonesia, Xmax dijual dengan harga Rp 57,8 juta.

Video Ototest Yamaha XMAX

[Gambas:Video 20detik]



Berbeda halnya dengan Kymco Downtown 250i. Saat dipamerkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, motor asal Taiwan itu dijual dengan harga Rp 68 juta. Belum diketahui apakah Kymco mengalami kenaikan harga atau tidak. Pasalnya dalam situs resminya di Indonesia, Kymco tak mencantumkan harga Downtown 250i.

[Gambas:Video 20detik]



Honda Forza.Honda Forza. Foto: Astra Honda Motor


Lain lagi dengan Honda Forza. Diluncurkan sejak Agustus 2018 pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Honda baru saja mengumumkan harga Forza. Forza dibanderol dengan harga Rp 76,5 juta.

Di antara ketiga model tersebut, Forza menjadi yang termahal. Forza sendiri masih didatangkan secara impor utuh dari Thailand. Mungkin faktor tersebut menjadi salah satu sebab harga Forza yang cukup tinggi.

[Gambas:Video 20detik]



Saat peluncuran, Honda juga ogah menanggapi soal harga Forza yang lebih mahal dari para pesaingnya ini.


"Kami tidak melihat persaingan semata, bahwa konsumen Indonesia kalau punya motor suka naik kelas, step up gitu. Misal dari BeAT, ke Scoopy, kemudian ke Vario, naik lagi ke PCX," kata Direktur Marketing PT Astra Honda Motor Thomas Wijaya kala itu.

"Nah kami ingin beri pilihan, setelah skutik 150cc, ada skutik 250, nah makanya kami kasih Forza 250 ini, kalau bicara persaingan, ya kami kasih pilihan lebih banyak bagi konsumen," pungkas Thomas. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed