Kamis, 01 Nov 2018 10:56 WIB

Jadi Motor Impian, Orang Rela Nabung Receh Demi Kawasaki Ninja

Ridwan Arifin - detikOto
Koin untuk membeli Kawasaki Ninja. Foto: Enggran Eko Budianto Koin untuk membeli Kawasaki Ninja. Foto: Enggran Eko Budianto
Jakarta - Memiliki motor sport mungkin menjadi impian bagi mereka yang hobi memacu adrenalin. Kawasaki Ninja misalnya disebut-sebut sebagai salah satu motor impian sehingga seseorang rela untuk menabung koin demi koin agar motor tersebut bisa terbeli.

Seperti pasangan Siti Maesyaroh dan Slamet Amin. Mereka memiliki keinginan untuk membeli motor Ninja 250. Pasangan tersebut rela menabung uang koin hingga seberat 50 kg selama dua tahun demi membeli motor impiannya.


"Memang motor ini (Ninja 250) motor impian jadi siapa aja bisa beli kalau mereka punya keinginan yang kuat," ungkap Deputy Head Sales and Promotion Division Kawasaki Motor Indonesia Michael Chandra Tanadhi kepada detikOto di pameran IMOS kawasan JCC, Senayan, Jakarta.

Siti dan Amin sehari-hari berprofesi sebagai penjual keripik ketela. Saat berjualan, Amin mengaku banyak mendapatkan uang receh pecahan yang dibayarkan pelanggannya. Pecahannya kebanyakan sebesar Rp 500 dan Rp 1.000 dari para pembeli.

Suatu ketika Amin melihat anak ketiganya menabung dengan cara mengumpulkan uang receh. Terinspirasi dari itu, Amin dan istrinya memutuskan melakukan hal serupa.

Uang-uang logam itu dimasukkan ke dalam botol bekas air mineral dan bekas kaleng cat. Tak disangka dua tahun berlalu dan uang receh yang terkumpul mencapai angka Rp 18 juta.

Bapak empat anak ini menjelaskan uang receh yang telah dikumpulkannya telah mencapai berat 50 Kg. Untuk menghitungnya pun dia harus dibantu 3 orang pekerjanya.

Uang-uang itu kemudian ditumpuk dalam jumlah tertentu lalu ditutup plastik agar tidak ambyar. Setelah itu, Amin membawanya ke sebuah diler motor Kawasaki di Jalan Majapahit, Kota Mojokerto pada tanggal 25 Oktober yang lalu.


Uang-uang itu dibawa ke diler dengan dimasukkan ke dalam karung. Amin menambahkan, butuh empat orang untuk mengangkat karung berisi uang-uang itu.

Amin memang bercita-cita untuk memiliki sepeda motor sport, dan pilihannya jatuh pada sepeda motor jenis Kawasaki Ninja 250 cc. Hanya saja karena harganya mencapai Rp 67,6 juta, maka untuk kekurangannya, Amin membayar menggunakan uang kertas. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com