Rabu, 10 Okt 2018 11:27 WIB

Ciletuh, Destinasi Touring Motor yang Lagi Happening

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha Lexi dan Honda Vario di Geopark Ciletuh Foto: Rangga Rahadiansyah Yamaha Lexi dan Honda Vario di Geopark Ciletuh Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Touring menjadi salah satu cara anak motor melepas penat. Touring bersama komunitas atau sendiri mungkin membuat bikers merasa hobinya tersalurkan.

Kini, ada destinasi touring yang tengah diganderungi pencinta roda dua dan tak jauh dari Jakarta. Adalah Geopark Ciletuh yang akhir-akhir ini menjadi tujuan touring pencinta sepeda motor. Jaraknya tak lebih dari 200 km.
Menurut Anggara Lipansa dari Paguyuban Alam Pakidulan Sukabumi (PAPSI) yang juga menyediakan fasilitas penginapan, setiap akhir pekan pasti ada saja anak motor yang berkunjung ke Geopark Ciletuh. Tak cuma motor kecil, pengguna motor gede (moge) pun tak sedikit yang menjadikan Ciletuh sebagai tujuan touring.

"Banyak sih anak-anak motor yang ke sini. Sabtu-Minggu mah ada terus. Kebanyakan dari Jakarta, Tangerang, jauh-jauh semua," ucap pria yang akrab disapa Bejeng itu kepada detikOto.

"Mereka (anak motor) kebanyakan menghabiskan liburan. Kopdar aja, kumpul-kumpul sama komunitas dari daerah lain. Jalurnya juga katanya menantang," sebutnya.

Geopark Ciletuh menjadi beken di kalangan pencinta roda dua sejak beberapa waktu belakangan. Terlebih, di sini juga terdapat jalur baru yang pemandangannya sangat indah, yaitu jalur baru Loji.
LojiLoji Foto: Rangga Rahadiansyah

Di jalur ini, pencinta roda dua akan dimanjakan oleh pemandangan indah yang langsung menghadap laut. Selain pemandangan indah, jalur ini juga sangat menantang untuk bermotor.
Ciletuh, Destinasi Touring Motor yang Lagi HappeningFoto: Rangga Rahadiansyah

"Cuma ya hati-hati aja. Soalnya banyak yang jatuh, tanjakannya ekstrem. Mobil juga banyak yang mati di tanjakan," kata Bejeng.

detikOto juga memilih Geopark Ciletuh untuk tujuan touring. Kali ini, detikOto sedang mengkomparasi dua skuter matik 125 cc, yaitu Yamaha Lexi dan Honda Vario 125. Perjalanan komparasi ini dilakukan dari Jakarta sampai Geopark Ciletuh.

Yamaha Lexi dan Honda Vario 125Yamaha Lexi dan Honda Vario 125 Foto: Rangga Rahadiansyah


Jalurnya terbilang sangat menantang. Dari Jakarta, detikOto mengambil rute ke Bogor, Ciawi, masuk ke Cikidang sampai Jl. Pelabuhan Ratu, dan masuk jalur baru Loji. Jalanan ekstrem sudah terasa di jalur Cikidang yang banyak tanjakan dan turunan tajam.


Begitu masuk jalur Loji, jalanannya lebih ekstrem lagi. Tanjakannya sangat curam, begitu juga turunannya. Untuk itu, touring menuju Geopark Ciletuh kondisi rider dan motornya harus prima agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Skill berkendara ridernya juga harus terasah.
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed