Selasa, 02 Okt 2018 12:29 WIB

Hari Batik Nasional

Begini Jadinya Jika RX-King Berbaju Batik

Luthfi Anshori - detikOto
Motor Yamaha RX-King Bermotif Batik. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Melihat corak batik di pakaian atau tas barangkali sudah menjadi hal biasa. Tapi bagaimana jika motif khas Indonesia itu dipakaikan ke produk otomotif, seperti sepeda motor?

Coba tengok motor besutan Andreas ini yang sudah diberi 'baju batik' berwarna kuning menyala. Motor batik ini adalah Yamaha RX-King produksi tahun 2002. Andreas merupakan pembeli dari tangan pertama.

"Motor ini saya beli belum lama. Sekitar 2 bulan lalu dari tangan pertama. Saya sengaja beli untuk dijual lagi," cerita Andreas, saat ditemui detikOto, di Jalan Basuki Rahmat, Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (2/10/2018).



Yamaha RX-King ini ia beli seharga Rp 17 juta. Kendati sepertinya banyak ubahan, komponen motor ini sebagian besar masih standar.

"Secara prinsip, motor ini 'dibatikkan'. Untuk komponen sebagian besar orisinal pabrikan," ujarnya.

Menurut Andreas, motor ini dibatik dengan teknik khusus. Bukan pakai metode airbrush ataupun decal. "Jadi seperti kain batik yang sengaja ditempel ke bodi motor, lalu dipernis supaya mengkilap," lanjut pria yang juga pemilik diler motor bekas, Pelangi Motor ini.



Dari pantauan detikOto, motif batik ini hampir melabur ke semua bodi RX-King tersebut. Mulai dari sepatbor depan-belakang, cover headlamp, sasis, tangki, engine cover, panel bodi kanan-kiri, bahkan hingga ke bagian joknya.

Sementara dari segi teknis, ubahan tidak terlalu banyak. Hanya pelek yang dilabur warna gold, aplikasi double cakram depan, dan spidometer variasi.

Gimana, keren nggak Otolovers? (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com