Sabtu, 29 Sep 2018 20:06 WIB

Obat buat Penyakit Turunan Scorpio yang Bikin Encok Pinggang

Ridwan Arifin - detikOto
Yamaha Scorpio Foto: Ridwan Arifin Yamaha Scorpio Foto: Ridwan Arifin
Depok - Motor biasanya punya satu penyakit yang khas. Salah satu penyakit Yamaha Scorpio yakni permasalahan pada suspensi belakang yang sering amblas. Umumnya terjadi setelah berboncengan dua orang.

Menurut Benny Ilham pemilik bengkel spesialis Yamaha Scorpio VB Motor yang bermarkas di Jl. Kemang Raya, Cilodong, Jawa Barat hal tersebut terbilang wajar pasalnya motor kalajengking ini memang di setting pabrik untuk nyaman dikendarai di jalanan ibu kota atau terjal sekali pun.



"Memang karakter Scorpio ini asyik buat manuver, lincah, nyaman-lah, tapi kalo beban suspensi belakangnya bertambah keseringan amblas," ungkap Benny kepada detikOto.

Untuk mengatasinya Benny menyebutkan cukup mengganti part yang bernama arm relay (AR) atau connecting road (CR). "VB menjual produksi AR dan CR untuk mengatasi masalah tersebut," ungkap Benny.



Dari fungsi motornya pemilihan AR dan CR juga disesuaikan Disesuaikan dengan kebutuhan mulai dari tujuan cornering, semi touring atau tipe touring. Soal harga kompetitif dengan merk lain, AR dan CR punya VB satu partnya dibanderol Rp 200 ribuan tanpa seal dan bushing.

"Dari tahun saya mulai jualan produk AR CR yang saya kasih nama VB, itu sampai sekarang penjualan masih bagus, dalam artian masih banyak pengguna Scorpio yang belum tahu solusi mengatasinya," tambahnya.

Memang ketika suspensi belakang amblas, bakal membuat posisi riding tidak nyaman. "Saat berkendara keluhannya udah pasti pinggang pegal rasanya kayak encok," kata Benny. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com