Sabtu, 29 Sep 2018 16:29 WIB

Laporan dari AS

Akankah Royal Enfield Bangun Pabrik di Indonesia?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Royal Enfield (Foto: Prins David Saut) Royal Enfield (Foto: Prins David Saut)
Santa Cruz, California - Merek motor legendaris, Royal Enfield, kini lahir kembali dari India. Merek motor bersejarah dari Inggris itu saat ini hanya punya pabrik di Chennai, India.

Rudratej (Rudy) Singh, President Royal Enfield mengatakan Royal Enfield sudah punya tiga fasilitas produksi di Chennai, India. Ketiganya memproduksi motor Royal Enfield untuk dijual di seluruh dunia, termasuk Indonesia.



Namun, akankah Royal Enfield membangun pabrik di Indonesia agar harganya lebih terjangkau? Rudy menjawab dirinya belum bisa memastikan.

"Saat ini kami percaya diri dengan pabrik kami di Chennai, India. Saat ini belum ada rencana untuk membangun pabrik di luar India. Di Chennai, ada 3 pabrik. Itu dikirim ke seluruh dunia," kata Rudy di sela-sela perjalanan touring test ride Royal Enfield Twins di California, Amerika Serikat.

CEO Royal Enfield, Siddharta Lal, menyebut pihaknya memang sangat serius dengan pasar Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Thailand. Hanya, dia tidak bisa memastikan apakah akan membangun pabrik di luar India.



"Jawabannya saat ini kami sangat-sangat serius soal pasar ASEAN. Indonesia adalah pasar terbesar dab Thailand berkembang dalam hal motor cc lebih besar," ujar Sid.

Namun, Sid tak menutup kemungkinan bakal membuka pabrik di Indonesia atau di Thailand. Saat ini Royal Enfield dalam proses mempelajari dan mengeksplorasi masalah perpajakan, aturan perakitan motor dan lain-lain.

"Jika kami harus merakit motor di Thailand atau Indonesia atau keduanya kami mempertimbangkannya. Kami belum mengumumkannya, tapi mungkin kami mempertimbamgkannya," ucapnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed