Jumat, 28 Sep 2018 08:08 WIB

Begini Cara Membersihkan Injektor Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Perawatan motor injeksi Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Untuk menjaga supaya performa motor injeksi tetap oke, maka perlu dilakukan gurah injektor setiap interval 10.000 km sekali.

"Tujuan gurah injeksi ini untuk membersihkan kerak dan karbon di injektor dan ruang bakar," ucap mekanik Bike Corner Muhammad Misbah kepada detikOto.



Teknik perawatan ini dengan cara memasukkan cairan pembersih ke ruang bakar melalui injektor. "Jadi tangki motor injeksi memang harus dilepas dulu. Setelah itu masukkan cairan pembersih menggunakan selang. Cairannya digantung, mirip infus," terang Misbah.

Setelah lubang injektor disalurkan cairan tersebut, langkah selanjutnya nyalakan motor. "Biarkan langsam sambil sesekali digas. Nanti kotorannya akan keluar melalui asap di lubang knalpot," lanjut Misbah.



Kemudian biarkan motor terus menyala dan langsam sampai mesin mati dengan sendirinya. "Prosesnya memang agak lama. Sekitar satu jam kurang," terangnya lagi.

Menurut Misbah, gurah injektor perlu dilakukan setiap kelipatan 10 ribu kilometer sekali. Untuk biayanya sendiri, setiap bengkel memiliki tarif masing-masing sesuai ongkos jasa dan jenis pembersih injektor yang digunakan.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com