Minggu, 23 Sep 2018 15:14 WIB

Gokil, Kawasaki Ninja H2R Kalahkan Jet dan Mobil Formula 1

Rangga Rahadiansyah - detikOto
jet tempur, tesla, dan motor sport balapan. Foto: Reuters jet tempur, tesla, dan motor sport balapan. Foto: Reuters
Istanbul - Bisa jadi Kawasaki Ninja H2R adalah kendaraan darat tercepat di dunia. Bagaimana tidak, mobil balap Formula 1 sampai jet tempur saja kalah cepat saat beradu akselerasi di lintasan lurus.

Pembuktian itu dilakukan di festival teknologi dan kedirgantaraan Turki yang digelar di bandara baru Istanbul. Di sana, Ninja H2R yang ditunggangi pebalap Turki, Kenan Sofuoğlu diadu dengan pesawat SoloTürk F-16, mobil balap Formula 1 yang dikendarai test driver tim Red Bull Formula 1, mobil listrik Tesla P100DL yang dikendarai pebalap kenamaan, Lotus Evora 430 GT, Aston Martin Vantage, sampai jet pribadi Challenger 605.



Uniknya, monster darat Kawasaki H2R yang ditunggangi pebalap Sofuoğlu berhasil menjadi yang tercepat dalam adu akselerasi jarak seperempat mil (402 meter). Menjangkau jarak itu, Kawasaki Ninja H2R hanya butuh 9,43 detik.

Monster dari Kawasaki itu berhasil mengalahkan mobil balap Formula 1 dengan selisih waktu 0,04 ddetik.



Saat awal berakselerasi, mobil balap Formula 1 tampak lebih unggul. Namun, tak berselang lama, Kawasaki Ninja H2R langsung melesat meninggalkan mobil dan pesawat lainnya.

Sebelumnya, Kenan Sofuoglu juga pernah memecahkan rekor kecepatan tertinggi dengan sepeda motor. Kawasaki Ninja H2R yang ditungganginya digeber sampai 400 km/jam di salah satu jembatan tertinggi di Turki. Dia hanya menempuh 26 detik untuk mencapai 400 km/jam.

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed