Sabtu, 22 Sep 2018 12:50 WIB

Service Moge Polisi Itu Bisa Cepat Asal...

Ridwan Arifin - detikOto
Bengkel moge polisi Foto: Ridwan Arifin Bengkel moge polisi Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Armada Brigade Motor (BM) memiliki tugas untuk misi pengawalan pejabat penting, menjaga ketertiban lalu lintas, dan patroli jalan raya. Karena mobilitas yang tinggi sehingga membutuhkan perawatan yang baik agar motor terjaga dalam kondisi prima.



Memilih bengkel pun juga tak kalah penting, alih-alih ingin cepat selesai malah kerusakan semakin parah. Salah satu bengkel yang sudah menjadi langganan BM polisi khususnya Polresta Depok dan Polda Metro Jaya adalah bengkel AMS yang berada di Jl. Siliwangi No 50, Pancoran Mas, Depok.

Dalam pantauan tampak satu moge milik BM Polresta Depok tipe Yamaha P900 keluaran tahun 2003 sedang penanganan servis besar. Masalah motor tersebut ada pada kerusakan komponen transmisi gigi dua dan alternator atau dynamo ampere.



Saat disambangi, Ade selaku pemilik bengkel AMS sedang membaca katalog mesin Yamaha P900 sembari sesekali mencocokkan komponen mesin. Ia mengatakan untuk menyelesaikan servis besar P900 tersebut tidak butuh waktu lama.

"Sebenarnya kalau spare part sudah lengkap, nggak ada hitungan bulan, hitungan hari juga kelar ini," tutur Ade kepada Detikoto.

Sementara biaya yang harus dikeluarkan untuk servis besar Yamaha P900 tersebut menghabiskan Rp 10 Juta.

Ia menambahkan tidak mengalami kesulitan untuk mencari spare part, pasalnya ia memiliki rekanan sendiri hingga ke luar negeri. "Kalau spare part saya ada aja, kan punya rekanan dari luar, nggak mungkin kalau berangkat sendiri," tutur Ade.



Menurutnya untuk tipe Yamaha P900 paling mudah untuk dirawat, serta suku cadangnya juga terjangkau dibandingkan merk lain. "Saya akui ini (spare part) gampang didapat, kalau indent paling lama satu minggu," tambahnya.

Sedari tahun 1995, Ade sudah mulai melakukan perawatan motor jenis berkubikasi besar. Selain Yamaha P900, Ade juga pernah menangani merk lain, seperti Honda Gold Wing, Kawasaki ZX1000, Suzuki GSX 750, Suzuki GSX 500, hingga Harley-Davidson. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed