Tunggangi Motor Marquez Versi Jalan Raya, Ini Kata Pebalap

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 16 Sep 2018 15:42 WIB
Rheza Danica dan Ganindra Bimo Geber Motor Marquez Versi Jalan Raya di Sentul. Foto: Grandyos Zafna
Bogor -

[Gambas:Video 20detik]



Untuk kesekian kalinya, pebalap AHRT (Astra Honda Racing Team), Rheza Danica Ahrens, menjajal keganasan motor Marc Marquez versi jalan raya, RC213V-S, dalam acara Indonesia Race Day (ICE) 2018 di Sirkuit Sentul, Bogor, (16/9/2018).

Didampingi artis dan presenter olahraga, Ganindra Bimo, Rheza mencoba kembali motor yang berharga Rp 7,6 miliar tersebut sebanyak dua putaran sirkuit Sentul.

"Yang pasti, saya senang dikasih kesempatan bisa nyobain motor ini lagi," ujar Rheza, kepada detikOto.

Menurut Rheza, motor ini sedikit berbeda dengan RC213V-S yang dijajalnya dulu. "Karena (RC213V-S) yang saya coba ini pakai komponen racing sport kit, jadi performanya lebih kencang lagi," terang Rheza.

Sedikit perbedaannya dengan versi standar, kata Rheza RC213V-S yang dicobanya kali ini tidak memiliki batasan (limiter). "Kalau pakai yang standar kan RPM-nya dibatasi. Kalau pakai yang versi racing sport kit tidak ada (limiter)," tambah Rheza yang mengaku bisa mencapai top speed 200 km/jam lebih.

Sebagai informasi, racing part ini terdiri dari knalpot, ECM, quick shifter, air duct, dan masih banyak part racing lainnya. Dengan tambahan komponen racing tersebut tenaga RC213V-S bisa mencapai 220 dk.

Sementara dari segi handling, menurut pebalap yang berkiprah di ajang Asia Road Racing Championship (AARC) 2018 kelas Asia Production 250 ini, RC213V-S memiliki handling yang sangat ringan untuk sebuah motor balap. Wajar, karena bobot motor ini sendiri memang hanya 180 kg.

"Iya, handling-nya enteng banget, sama seperti bawa motor 250cc," pungkas Rheza. (rgr/ddn)