Jumat, 14 Sep 2018 17:23 WIB

Batal Demo saat Asian Games, Ribuan Ojol akan Geruduk Kantor Grab

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Aksi Demo Ojol di Depan DPR. Foto: Lamhot Aritonang Aksi Demo Ojol di Depan DPR. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Puluhan ribu ojek online akan menggelar aksi unjuk rasa. Gerakan Aksi Roda Dua (Garda) akan melakukan aksi unjuk rasa massa ojek online ke kantor operasional Grab.

Dalam siaran pers yang diterima detikOto, Ketua Presidium Garda Indonesia Igun Wicaksono, mengatakan aksi unjuk rasa akan digelar di kantor operasional Grab di Jl. Bendungan Hilir Raya pada Rabu (19/9/2018) mendatang. Aksi ini akan melibatkan puluhan ribu ojek online dari Jabodetabek, serta dari kota-kota sepanjang jalur Pantura Jawa Barat dan Jawa Tengah, Bandung, Lampung dan kota-kota lain di sekitar Jakarta yang terjangkau menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

"Diperkirakan wilayah Benhil dan Jl.Jend Sudirman pun akan lumpuh total pada hari tersebut, massa diperkirakan 50.000 driver ojek online, setelah dari kantor Grab Bendungan Hilir, massa akan menuju kantor pusat Grab Indonesia di komplek perkantoran Lippo Kuningan di Setiabudi, Jakarta Selatan," tulis Igun dalam pernyataan yang diterima detikOto, Jumat (14/9/2019).

Ini merupakan aksi Garda menyusul kekecewaan driver ojek online yang awalnya akan melakukan unjuk rasa pada saat pembukaan Asian Games 2018. Driver ojek online akhirnya mengundurkan niat berunjuk rasa saat pembukaan Asian Games untuk menjaga nama baik dan kehormatan Bangsa Indonesia.

Adapun tuntutan massa aksi ojek online ada tiga point yang disebut dengan Trisula, perwujudan sebagai senjata untuk menuntut aplikator.

Trisula Garda sebagai berikut:
1. Perjanjian kemitraan antara aplikator dengan driver ojek online yang adil dan transparan.
2. Aplikator menggunakan mekanisme tarif dasar berdasarkan rumus transportasi bukan supply demand algoritma.
3. Hilangkan potongan komisi 20% bagi aplikator

"Garda masih berharap ada itikad positif dan baik dari aplikator untuk bisa dilakukan mediasi yang persuasif dan dipenuhinya Trisula Garda. Namun apabila Trisula Garda tidak juga dipenuhi oleh pihak aplikator maka massa ojek online Garda akan terus melakukan aksi tuntutan semakin masif dengan kontinuitas yang semakin sering dan Nasional," tulisnya. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed