Selasa, 21 Agu 2018 14:42 WIB

Helm Modular yang Dipakai Jokowi Sudah Tak Diproduksi

Ridwan Arifin - detikOto
Presiden Joko Widodo mengendarai motor sambil melambaikan tangan saat pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8). Foto: INASGOC/Rosa Panggabean Presiden Joko Widodo mengendarai motor sambil melambaikan tangan saat pembukaan Asian Games ke-18 tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (18/8). Foto: INASGOC/Rosa Panggabean
Jakarta - Helm yang digunakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat beraksi dalam pembukaan Asian Games 2018 adalah Nolan seri N104. Diketahui helm seri N104 itu dibanderol diangka Rp 5 jutaan.

Keunggulan dari Nolan N104 sebagai jenis helm modular adalah model flip up, selain bisa menjadi helm full face, juga dapat dijadikan open face. Di mana pada bagian dagu helm bisa diangkat ke atas tanpa harus mencopot sehingga dapat memudahkan visibilitas pengendara.



Ada beberapa fitur tambahan seperti Double Visor dan Sun Visor untuk melawan teriknya matahari. Helm ini sendiri terbuat dari bahan polycarbonat sehingga memiliki daya tahan banting lebih kuat namun tetap ringan.

Selain itu, disematkan sebuah teknologi airbooster sebagai ventilasi udara supaya pengendara nyaman untuk menjaga kesegaran udara saat menggunakan helm. Tetapi sayang, helm seperti Jokowi sudah tidak produksi lagi.



"Produk N104 sudah tidak ada, sudah discontinue, untuk seri penggantinya itu N100-5, soal harga hampir sama dengan seri sebelumnya, ini juga kosong stoknya, beberapa minggu ke depan mungkin akan datang," ucap Irwansyah selaku Technical Services Helm Nolan di Showroom DeRide.

Guna mengetahui lebih lanjut, detikOto menghampiri showroom yang menjual produk-produk helm Nolan seri lainnya dengan kisaran harga Rp 5 jutaan di showroom De Ride, Jalan Radio Dalam Raya No. 17 A, Jakarta Selatan.

Di kisaran harga tersebut dan yang masih ready stock, ada salah satu seri yang dikeluarkan Nolan di showroom DeRide, yakni N44EVO. Helm ini memiliki fitur yang hampir sama dengan N104, hanya berbeda dari fitur penggunaan flip up-nya.

"Penggunaan mode flip up pada seri N104 memang lebih simpel, tapi kalo untuk seri N44EVO modelnya bisa diubah-ubah hingga enam model cuman caranya dilepas, tidak seperti N104," tutur Irwan.

Memang helm berjenis modular lebih popular jika dilihat dari segi fungsi. Banyak bikers yang suka dengan model tersebut, hal ini terlihat dari kosongnya ketersediaan barang di showroom.

"Karena kalau orang yang nggak mau ribet, pasti pilih N104, atau seri kelanjutannya N1005, dan 902," tambah Irwan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed