Senin, 20 Agu 2018 15:10 WIB

Mengenal Jenis Helm Modular yang Dipakai Jokowi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Aksi Jokowi di Asian Games yang heboh di Korea (Foto: screenshot) Aksi Jokowi di Asian Games yang heboh di Korea (Foto: screenshot)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunggangi motor gede (moge) Paspampres dalam video pembukaan Asian Games 2018 akhir pekan kemarin. Jokowi yang digambarkan menggunakan moge Yamaha FZ1 itu memakai helm jenis modular atau flip-up, yaitu helm yang bisa dibuka-tutup bagian dagunya sehingga bisa seperti helm open face dan ditutup jadi seperti helm full face.

Instruktur safety riding Rifat Drive Labs (RDL) yang juga edukator helm RSV, Andry Berlianto, mengatakan helm modular mampu memberikan keamanan layaknya full face. Tapi helm modular memiliki fungsi yang dapat diganti menjadi open face hanya dengan membuka bagian dagu.



"Tapi berat helm jenis flip-up umumnya lebih berat dari full face, tergantung merek tentunya," kata Andry kepada detikOto, Senin (20/8/2018).

Ada plus-minusnya pakai helm modular seperti yang digunakan Jokowi. Menurut Andry, helm ini memberikan keuntungan berupa desain ala full face yang memberikan proteksi maksimal. Terlebih, helm ini mudah digunakan untuk mencari udara segar secara spontan.



"Dari sisi keamanan yang patut diwaspadai adalah sistem pengunci (buka tutup) dagu-nya karena pada saat terjadi benturan di sekitar dagu, helm jenis flip-up berpotensi terbuka dan justru punya kualitas sama dengan open face karena membuat dagu terbuka. Visibilitas sama seperti full face namun tidak seluas open face," ucap Andry.



Simak video Aksi Bermotor Jokowi & Aksi Terjun Ratu Elizabeth (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed