Senin, 20 Agu 2018 13:08 WIB

Kekurangan Helm Modular seperti yang Dipakai Jokowi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jokowi mengenakan helm modular (Foto: INASGOC/Dhoni Setiawan) Jokowi mengenakan helm modular (Foto: INASGOC/Dhoni Setiawan)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) digambarkan naik motor gede (moge) Paspampres saat menuju pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8/2018) kemarin. Jokowi menunggangi moge Yamaha FZ1 yang biasa dipakai Paspampres. Jokowi pun memakai helm modular.

Beberapa kali kamera menyorot Jokowi menggunakan helm modular yang dipinjam dari Paspampres. Ada adegan lucu ketika Jokowi membuka bagian helm modular saat menyapa anak sekolah. Memang, helm modular bisa dibuka-tutup bagian depannya.



detikOto sudah membahas soal enaknya pakai helm modular seperti yang dikenakan Jokowi. Namun, helm modular juga punya kekurangan saat dipakai, apa saja? Menurut Ahmad dari komunitas Belajar Helm, helm jenis modular cenderung memiliki bobot yang lebih berat.

"Rata-rata bobot helm modular lebih berat dibandingkan full face biasa, karena ada tambahan part mekanisme lock di bagian rahang," kata Ahmad kepada detikOto, Senin (20/8/2018).



Menurutnya, helm modular juga tak boleh dibuka setiap saat. Ada waktu-waktu tertentu saat helm modular harus ditutup, terutama di kecepatan tinggi.

"Di atas 50 km/jam wajib ditutup rahang depan untuk menjaga agar tetap safety. Mungkin rada sedikit ribet buka tutup modularnya bagi sebagian orang," katanya.

Terlebih, dikutip dari laman Prosafety 101, penutup rahang yang dibuka saat kecepatan tinggi bisa melawan angin. Alhasil, helm akan memberikan tekanan pada leher pengendara jika bagian penutup rahang dibuka saat kecepatan tinggi.

Video Jokowi Naik Motor di Pembukaan Asian Games

[Gambas:Video 20detik]





(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed