Sabtu, 18 Agu 2018 08:19 WIB

Canggih, Ada Robot Penguji Knalpot Motor

Rizki Pratama - detikOto
Robot Penguji Motor dan Knalpotnya. Foto: Dok. Akrapovic
Ivan─Źna Gorica - Mahalnya harga suku cadang seringkali menjadi keluhan pengendara motor. Barang yang lebih mahal sebenarnya membutuhkan biaya produksi dan pengembangan yang besar.

Sama halnya dengan perangkat uji yang dikembangkan oleh perusahaan knalpot Akrapovic. Perusahaan asal Slovenia tersebut telah melakukan pengujian ketahanan produknya di jalan atau lintasan sirkuit. Namun, cara itu akan memakan banyak waktu serta rentan gangguan cuaca.



Sekarang Akrapovic membuat terobosan baru untuk menguji knalpot motor. Yaitu dengan Robotyc-Dino. Robot penguji motor ini mampu melakukan pengujian knalpot hasil produksi dengan jarak ribuan kilometer yang dikontrol menggunakan sistem komputerisasi.



Akrapovic telah menciptakan Dyno baru yang dilengkapi sejumlah kamera dan sensor untuk memonitor performa knalpot, tenaga yang dihasilkan, suhu dan tekanan serta mengolah kembali tenaga yang telah dihasilkan oleh sepeda motor melalui sistem pemanas dan ventilasi. Alat ini juga mampu mengisi ulang bahan bakar dari sepeda motor yang diuji, jadi sepeda motor tidak perlu berhenti dalam proses pengujian.

Robotyc-Dino juga mampu mengembuskan angin setara saat motor melaju pada kecepatan 200 km/jam untuk simulasi saat dipacu di jalanan. Alat ini tidak diragukan lagi akan membantu Akrapovic menjalin kontrak lebih banyak dengan penyedia suku cadang OEM. Perusahaan-perusahaan besar dari Jepang telah mencoba menggunakan perangkat pengujian ini terhadap produk suku cadang mereka dan cocok dengan jalan yang mereka gunakan.

[Gambas:Youtube]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com