Selasa, 17 Jul 2018 12:09 WIB

Wah, Perusahaan Bus Listrik Moeldoko Mau Pinang Gesits

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Motor Listrik Gesits. Foto: Agung Pambudhy Motor Listrik Gesits. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - [Gambas:Video 20detik]



Beberapa pihak di Indonesia sudah mulai berpikiran mewujudkan kendaraan listrik yang dibuat di dalam negeri. Salah satunya adalah Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang berniat melahirkan bus listrik karya anak bangsa.

Moeldoko mendirikan perusahaan otomotif PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang sudah menyiapkan bus listrik. Bus listrik bernama Maxvel sudah sempat dipajang di pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo 2018.

Tak cuma bus listrik, PT MAB dikabarkan bakal menggandeng motor listrik Gesits yang dikembangkan oleh Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Menanggapi kabar tersebut, detikOto mencoba mengonfirmasi langsung ke pihak PT MAB melalui Mayjen (Purn) Leonard sebagai Direktur Utama PT Mobil Anak Bangsa.

[Gambas:Video 20detik]





"Ada wacana untuk itu (menggandeng Gesits di bawah PT MAB), tapi sampai dengan saat ini belum direalisasikan," kata Leonard kepada detikOto.

Leonard sendiri mengaku belum mengetahui secara detail kolaborasi PT MAB dan Gesits. Soal bentuk kolaborasinya pun belum bisa dijabarkan olehnya.

"Wah belum sampai ke sana, ini masih baru dalam taraf penjajakan. Belum sampai pada tahap teknis, produksi dan lain-lain. Masih jauh," ucap Leonard.

"Di level saya sebagai Dirut MAB baru setingkat wacana. Mungkin sudah ada pembicaraan di level 'owner' perusahaan, saya kurang tahu detailnya," lanjutnya.



Sekadar diketahui, Kepala Staf Kepresidenan Jendral TNI (Purn) Moeldoko beberapa waktu lalu memamerkan bus listrik yang merupakan hasil garapan PT Mobil Anak Bangsa (MAB). Bus listrik itu memiliki kandungan lokal sampai 45 persen. Moeldoko yakin kendaraan listrik seperti ini akan menjadi masa depan.

"Saya selalu berpikir bahwa baterai adalah masa depan, dan masa depan adalah baterai. Dalam perjalanannya, saya makin termotivasi karena Pak Jokowi juga punya kesenangan otomotif dan berikutnya ia sering melontarkan gagasan mobil listrik untuk masa depan," ujar Moeldoko dalam wawancara khusus dengan detikOto di kantornya beberapa waktu lalu.



"Maka saya mencoba untuk mewujudkan gagasan saya itu. Sebenarnya Maret saya sudah mulai mewujudkan gagasan dan berbicara dengan Pak Jokowi. Saya ingin membangun bus listrik karena saya pernah lihat sewaktu ke Shanghai, bagus. Lalu ingin mengembangkannya untuk bus listrik di Indonesia," tambah Moeldoko.

[Gambas:Video 20detik] (rgr/ddn)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed