Selasa, 17 Jul 2018 08:50 WIB

Indonesia Jadi Tempat Riset Baterai Honda dan Panasonic

Ruly Kurniawan - detikOto
Baterai di motor PCX hybrid (Foto: Ruly Kurniawan) Baterai di motor PCX hybrid (Foto: Ruly Kurniawan)
Jakarta - Era kendaraan elektrifikasi dimulai di Indonesia. Dua raksasa Jepang, Honda dan Panasonic bekerja sama mengembangkan baterai listrik untuk kendaraan. Tapi bukan untuk roda empat, melainkan roda dua.

Kerja sama ini fokus pada riset dan pengembangan battery swap atau penukaran baterai untuk motor listrik. Riset ini akan dimulai Desember 2018 di Indonesia di beberapa kota yakni Bandung, Jawa Barat dan Kuta, Denpasar Bali.



Seperti dilansir situs resmi Panasonic, mereka akan menempatkan stasiun pengisian baterai di beberapa tempat. Tempat pengisian baterai itu bisa mengecas beberapa baterai Mobile Power Pack secara bersamaan.


Tempat pengisian baterai HondaTempat pengisian baterai Honda Foto: Honda


Jadi pengguna motor listrik Honda bisa berhenti di tempat pengisian dan bisa menukarkan baterai motor yang kosong dengan baterai yang sudah terisi penuh.

Baterai HondaBaterai Honda atau Honda Mobile Power Pack Foto: Honda


Riset ini cocok dilakukan di Indonesia karena sebagai pasar sepeda motor terbesar ketiga di dunia, Indonesia menghadapi masalah tentang kemacetan serta emisi kendaraan. Adanya kendaraan listrik diharap mampu meringankan persoalan tersebut.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya menuturkan bahwa memang pihak Honda sedang merencanakan untuk meluncurkan motor listrik yakni Honda PCX EV. Motor yang diperkenalkan pada Tokyo Motor Show tahun lalu ini sedang dalam tahap pertimbangan atau studi.

"Yang kemarin (PCX EV) sudah diluncurkan di Tokyo Motor Show. Jadi memang kami (Honda) ada PCX standar, Hybrid dan EV," kata Thomas.

"Ya sekitar akhir tahun, lah mungkin. Tapi ini kita pasarkan secara global (belum tentu di Indonesia-Red)," tambahnya. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed