Senin, 16 Jul 2018 18:21 WIB

Ini Alasan Motor Sport Honda Belum Keyless

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Penggunaan smart key atau keyless di motor tengah beken. Honda dan Yamaha contohnya, sudah menyematkan fitur tersebut di skuter matik premiumnya. Bahkan Suzuki sudah menggunakannya di motor sport GSX-R150.

Namun bila diperhatikan, belum ada motor sport besutan Honda yang menggunakan keyless. Padahal, PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan raksasa sepeda motor yang tidak pernah ketinggalan zaman.

Mengenai hal ini, President Director AHM Toshiyuki Inuma memaparkan adanya perbedaan bagi pengguna sepeda motor sport dan motor komuter (kendaraan yang digunakan sehari-hari). Preferensi atau keinginan mereka tidak bisa disamakan.


"Kami sudah menyadari bahwa tuntutan para pemakai dan pengguna sepeda motor itu berbeda-beda. Harapan dan tuntutan para pemakai motor sport tentu berbeda pula dengan yang menggunakan motor komuter. Jadi tidak bisa kita samakan apa yang mereka inginkan di semua produk," ucapnya di kawasan JI Expo, Kemayoran, Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut Inuma, harapan pengguna motor sport adalah roda dua tersebut gagah dan stylish serta memiliki performa tertinggi. Sedangkan para pengguna motor komuter menuntut sepeda motor yang ramah di kantong, nyaman, namun terkesan mewah (secara fitur).

"Kunci penting di pengguna komuter itu sepeda motor harus ekonomis, nyaman, dan kalau bisa mewah. Sedangkan motor sport, tuntutan dan harapan konsumen yang kami pahami selama ini adalah desain (styling) dan performance. Ketika kita berbicara motor touring, pasti berbeda lagi tuntutannya," ucap Inuma.



Lantas, apakah motor sport dari Honda akan menggunakan keyless nantinya? "Tentang pemakaian smart key, jujur saja sedang kita rundingkan dan diteliti lebih lanjut oleh pihak RnD. Kita pun melakukan pengembangan," ujar Marketing Director AHM Shigeto Kimura di kesempatan yang sama.

Patut diketahui, Honda telah mengaplikasikan smart key pada Honda PCX dan Honda Vario 150. Tapi hingga saat ini, motor sport flagship Honda CBR250RR masih menggunakan anak kunci biasa bahkan belum immobilizer. Honda CBR250RR adalah motor Honda yang memiliki teknologi terkini, seperti suspensi upside down, mengadopsi ride by wire dan arm pisang.


New Honda CBR250RR kini memiliki dua varian warna baru yaitu Black Freedom dan Bravery Mat Red. Tampil agresif dengan dominasi warna hitam glossy, varian Black Freedom secara khusus dihadirkan bagi pecinta sepeda motor sport yang senang berkreasi dan memodifikasi motornya sesuai karakter pengendaranya. Sementara itu, Bravery Mat Red tampil mencolok dengan warna merah yang berkesan lebih berani dan sporty sehingga menghadirkan siluet posisi berkendara yang agresif.

New Honda CBR250RR Black Freedom tipe standar dipasarkan dengan harga Rp 59.900.000 on the road Jakarta. Varian ini melengkapi pilihan warna lainnya Bravery Mat Red dan Mat Gunpowder Black Metallic yang dipasarkan Rp 64.725.000,- untuk tipe STD (standar) dan Rp 70.725.000,- untuk tipe ABS.

Sementara itu untuk Honda Racing Red dipasarkan dengan harga Rp 65.325.000,- untuk tipe STD dan Rp 71.325.000,-untuk tipe ABS. Keduanya sudah on the road Jakarta. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed