Sabtu, 14 Jul 2018 17:15 WIB

Pasar Sport Lesu, Honda Masih Tetap Optimis

Ruly Kurniawan - detikOto
Honda CBR 250cc Foto: Pradita Utama Honda CBR 250cc Foto: Pradita Utama
Jakarta - Popularitas motor skutik makin mendominasi di Indonesia. Berdasarkan data yang dihimpun Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), periode Januari-Juni 2018 kontribusi skutik mencapai 80 persen lebih dari total penjualan sepeda motor.



Lantas, mengapa masih ingin mempercantik motor sport, Honda? Menanggapi hal ini, Marketing director Astra Honda Motor, Thomas Wijaya mengatakan bahwa mempercantik CB150 StreetFire dan CBR250RR adalah untuk merangsang konsumen. Sehingga pilihan sepeda motor untuk mereka menjadi lebih banyak.

"Memang, pasar kurang stabil di segmen ini. 10 persenan kontribusinya. Tapi kita ingin memberikan pilihan baru pada konsumen sehingga ada penyegaran," katanya di Jakarta, semalam (13/7/2018).

"Untuk market sport 250 secara total memang saya akui mengalami penurunan," tambah Thomas.

Menurutnya, ada banyak faktor yang mendasari seperti kondisi ekonomi serta adanya perpindahan ke skutik premium. Namun bukan berarti para pecinta roda dua seperti itu akan ditinggalkan oleh Honda.



"Kalau kita lihat kembali lagi tadi 250cc ini kan konsumen mid high premium. Nah kondisi perekonomian yang mungkin agak kurang menentu membuat konsumen melakukan delay dan beberapa pindah ke matik yang lainnya. Tapi bukan berarti peminatnya tidak ada, masih ada," tegas Thomas.

Untuk target sendiri, pihak AHM terbilang optimis. Honda Cb150 StreetFire diperkirakan bisa laku sampai 100 ribu se-tahunnya. Kalau CBR250RR, AHM tidak menargetkan penjualan.

"Ya, optimis di 95.000 sampai 100.000 lah untuk CB150," tutup Thomas. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed