Sabtu, 14 Jul 2018 14:15 WIB

Ducati Multistrada 1200 Enduro Jadi Motor Pertama yang Bisa Bicara dengan Mobil

M Luthfi Andika - detikOto
Ducati Multistrada 1200 Enduro Foto: Pool (Autoevolution) Ducati Multistrada 1200 Enduro Foto: Pool (Autoevolution)
Jakarta - Saat mobil diklaim bakal bisa saling bicara, sehingga bisa terwujudnya mobil otonom. Pabrikan motor pun tidak ingin ketinggalan. Karena dikatakan produsen ternama asal Italia Ducati, akan mewujud motor yang bisa bicara.



Dikutip autoevolution, Sabtu (14/7/2018), Ducati memastikan Multistrada 1200 Enduro, akan menjadi motor pertama di dunia yang bisa berbicara dengan mobil. Artinya motor pun bisa memberitahukan di mana lokasi mobil berada, sehingga bisa menghindari kecelakaan.

Sistem ini terwujud, setelah beberapa pabrikan ternama Jerman seperti Audi, BMW dan Daimler melahirkan teknologi V2X bersama-sama agar masing-masing kendaraan bisa berkomunikasi meski di jalanan yang sama.



Ducati pun langsung menguji sistem V2X pada Multistrada 1200 Enduro di Eropa. Dengan menggunakan program yang diberikan Quallcomm 9150 C-V2X chipset, sehingga bisa memungkinkan Ducati Multistrada berbicara dengan Audi Q7 dan Audi A4.

"Ini menjadi percobaan yang sempurna dengan menerapkan berbagai kasus, yang dikawinkan dengan teknlogi terbaru untuk bisa menciptakan gaya berkendara yang aman di masa depan," kata Pierluigi Zampieri Manager Ducati.

Selanjutnya dikatakan langkah awal Ducati ini, tidak lain agar Ducati menjadi pabrikan roda dua terdepan yang memperkenalkan kendaraan otonom. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed