Tak Cuma Gesits, ITS Uji Platform Motor Listrik Sampai 60.000 Km

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 13 Jul 2018 20:37 WIB
Motor Listrik Gesits. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya tak hanya mengembangkan motor listrik Gesits. Perguruan tinggi di Surabaya itu mengembangkan platform motor listriknya yang bisa dibuat menjadi beragam produk motor listrik.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Pusat Unggulan Iptek Sistem dan Kontrol Otomotif (PUI SKO) ITS Muhammad Nur Yuniarto. Menurutnya, ITS melakukan riset motor listrik secara umum.

"Jadi kita melakukan riset mandiri, ada juga yang melakukan riset kerja sama dengan pihak lain (seperti Gesits dengan Garansindo). Jadi riset kita tidak boleh menutup diri dengan satu pihak saja. Jadi semua harus kita layani," kata Nur kepada detikOto, Jumat (13/7/2018).



Menurutnya, riset kendaraan listrik terus berjalan. Pengujian-pengujian terhadap kendaraan listrik pun dilakukan.

"Kita saat ini lagi uji 60.000 km platform sepeda motor listrik kita. Jadi kita pengin tahu ketahanan komponennya seperti apa dan sebagainya," sebut Nur.



Sementara itu, Pertamina dan Universitas Sebelas Maret (UNS) berhasil mengembangkan Ion Battery (LIB) untuk motor listrik. ITS juga dilibatkan dalam pengembangan baterai motor listrik yang dibuat di Indonesia itu.

Menurut Nur, baterai motor listrik tersebut diuji coba di platform motor listrik milik ITS. (rgr/ddn)