Kamis, 12 Jul 2018 13:24 WIB

Apa Kabar Motor Kebo Yamaha?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha Byson Fi. Foto: Dok. Yamaha Yamaha Byson Fi. Foto: Dok. Yamaha
Jakarta - Yamaha memiliki jagoan di kelas motor sport. Di bawah Vixion, Yamaha masih punya motor sport naked, Byson FI. Tapi, motor itu tak terdengar lagi gaungnya.

Penjualan motor yang dulu beken dengan julukan 'Si Kebo' itu memudar. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) Byson FI pada tahun 2018 ini hanya 54 unit.

Angka distribusi 54 unit itu diraih Si Kebo selama enam bulan periode Januari-Juni 2018. Dari catatan data AISI, Yamaha Byson pada Januari, Februari, April, dan Mei hanya dijual sebanyak 2-3 unit per bulannya. Puncaknya hanya pada bulan Maret yang terjual sebanyak 45 unit. Sementara pada Juni 2018, Yamaha tidak menjual Byson sama sekali.



Detailnya, pada Januari 2018 Yamaha Byson FI hanya terjual 2 unit, Februari 2 unit, Maret 45 unit, April 2 unit, dan Mei 3 unit. Sementara Juni tidak didistribusi sama sekali.

Tahun 2017, penjualan Byson FI juga tak segemilang motor Yamaha lainnya. Selama setahun penuh, Yamaha hanya mengirim 678 unit Byson FI.



Apakah Yamaha sudah menyuntik mati Byson FI? Atau masih mempertahankan motor itu dengan penjualan yang semakin sedikit?

detikOto sedang mencoba meminta konfirmasi dari pihak Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) terkait kabar Yamaha Byson saat ini. Namun, Manager Public Relation PT YIMM Antonius Widiantoro belum juga merespons detikOto.

Meski begitu, di laman resmi Yamaha Indonesia, Byson FI masih terpajang. Saat ini motor tersebut dijual dengan harga Rp 22.950.000 on the road Jakarta. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed