Rabu, 11 Jul 2018 13:01 WIB

Honda Ungkap Alasan Skutik Ini Cuma Laku 2 Unit

M Luthfi Andika - detikOto
Honda Sh150i Foto: Rangga Rahadiansyah Honda Sh150i Foto: Rangga Rahadiansyah
Jakarta - Saat skutik lain bisa terjual puluhan sampai ratusan ribu unit per bulan, skutik Honda ini cuma mampu terjual 2 unit saja. Skutik itu memang bukan skutik buatan Indonesia, tapi skutik buatan Vietnam Honda SH150i.

Sepanjang Januari-Juni 2018, penjualan motor ini hanya mencapai 2 unit saja. Melihat angka penjualan yang ditoreh pada Juni 2018, menjadikan pertanyaan besar apakah benar motor ini cocok untuk pasar Indonesia?

Head of Corporate Communication Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbudin, kepada detikOto pun menjawab pertanyaan tersebut.

Pria yang disapa Muhib ini menjelaskan, penjualan Honda SH 150I memang didatangkan ke Indonesia kalau ada pesanan dari masyarakat atau by order. Namun meski pengirimannya minim, tidak ada permasalahan pada pengiriman unit dari Vietnam.



"Ini by order, dan tidak ada masalah dengan Vietnam," ujar Muhib.

Muhib juga menjelaskan, Honda SH150i memang dihadirkan di Indonesia untuk bisa mengisi pasar premium di Indonesia.

"Bukan begitu bacanya (menanggapi penjualan Honda SH150i yang hanya mencapai 2 unit hingga Juni 2018-Red). Ini bagian dari usaha AHM memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan skutik-skutik premium Honda, termasuk SH150i," ujar Muhib.

Berdasarkan data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) yang diperoleh detikOto, Honda baru menjual dua unit Honda SH150i pada tahun ini. Itu pun hanya pada bulen Mei. Sisanya, Honda tidak mengirim sama sekali skutik yang diimpor utuh dari dari Vietnam ini.

Sejak peluncurannya pada 2017, Honda SH150i penjualannya juga tak sebanyak skutik Honda lainnya. Selama tujuh bulan dari Juni sampai Desember 2017, Honda hanya menjual 140 unit SH150i.

Artinya, populasi Honda SH150i di Indonesia sangat terbatas. Baru ada 142 unit Honda SH150i di Indonesia selama setahun.

Soal harga, Honda sudah merevisi harga jual SH150i ini. Awalnya pada saat peluncurannya tahun lalu, Honda mengumumkan harga SH150i Rp 44,9 juta. Namun, saat ini harga motor itu turun. Dilihat dari situs resmi Astra Honda Motor, skutik premium bergaya Eropa itu sekarang dijual dengan harga Rp 39,9 juta on the road Jakarta-Tangerang yang berlaku mulai April 2018.



Soal SH150i, skutik ini dilengkapi beragam fitur canggih yaitu Smarte Key system yang terdiri dari switch On/Off, Answer Back System dan Anti Theft Alarm System yang terintegrasi dalam 1 unit remote. Selain itu, ada juga fitur standar samping otomatis di mana mesin tidak bisa menyala apabila standar dalam posisi turun, power charger, kapasitas tangki 7,5 liter dan bagasi yang bisa menyimpan helm full face. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed