Selasa, 10 Jul 2018 17:14 WIB

Deretan Motor yang Tak Banyak Diminati Orang Indonesia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kawasaki Z250SL Foto: Kawasaki Kawasaki Z250SL Foto: Kawasaki
Jakarta - Bicara penjualan sepeda motor, tak melulu soal motor terlaris. Ternyata, ada juga motor yang nasibnya tidak begitu manis.

Ada beberapa motor yang tidak banyak dilirik orang Indonesia. Menurut data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), motor yang tak banyak dilirik orang Indonesia yang dimaksud di sini adalah motor-motor berkapasitas mesin 250 cc ke bawah dengan angka penjualan kurang dari 100 unit sepanjang Januari-Juni 2018.

Sebagai informasi, penjualan sepeda motor di Indonesia selama Semester I-2018 tercatat sebanyak 3.002.753 unit. Namun, daftar motor yang tak banyak diminati ini angkanya malah tak sampai 100 unit.

Mulai dari Honda sebagai pabrikan dengan penjualan motor terbanyak di Indonesia. Produsen roda dua berlogo sayap mengepak itu punya dua motor yang tak banyak dilirik orang Indonesia. Mereka adalah Honda SH150i dan Honda Spacy. Soal Honda Spacy, Astra Honda Motor (AHM) memang sudah mengonfirmasi bahwa motor itu sudah dihentikan produksinya.

Honda SpacyHonda Spacy Foto: Astra Honda Motor


Untuk tahun ini, Honda hanya menjual 28 unit Spacy di Indonesia. Itu pun hanya dijual pada Januari 2018. Selain itu, Honda juga baru menjual dua unit Honda SH150i pada tahun ini. Itu hanya pada bulen Mei. Sisanya, Honda tidak mengirim sama sekali skutik yang diimpor utuh dari dari Vietnam ini.



Yamaha juga punya satu motor yang tak banyak diminati orang Indonesia. Motor yang dimaksud adalah Yamaha Byson FI. Penjualan motor sport 150 cc Yamaha itu terbilang miris. Selama semester I-2018, Yamaha hanya melepas 54 unit Byson di Indonesia.


Yamaha BysonYamaha Byson Foto: Rangga Rahardiansyah




Dari catatan data AISI, Yamaha Byson pada Januari, Februari, April, dan Mei hanya dijual sebanyak 2-3 unit per bulannya. Puncaknya hanya pada bulan Maret yang terjual sebanyak 45 unit. Sementara pada Juni 2018, Yamaha tidak menjual Byson sama sekali.



Beralih ke Kawasaki, pabrikan berjuluk Geng Ijo ini punya satu motor sport yang penjualannya hampir nihil. Motor yang dimaksud adalah Kawasaki Z250SL. Total penjualan motor itu hanya sebanyak 13 unit selama Januari-Juni 2018. Puncaknya hanya pada Januari 2018 ketika Kawasaki berhasil melego 7 unit Z250SL. Sisanya, Kawasaki hanya menjual 1-2 unit motor itu per bulannya.



Lanjut ke pabrikan asal India, TVS. Bisa dibilang, semua motor TVS di Indonesia yang tercatat di data AISI tak banyak peminatnya. Mulai dari TVS Neo XR yang hanya terjual 2 unit, motor bebek TVS dengan kode RP 125 yang terjual hanya 3 unit, skutik TVS Dazz karbu yang terjual 78 unit, TVS Dazz FI dengan angka 38 unit, motor sport TVS Max yang hanya 1 unit, TVS ST 125 sebanyak 4 unit, TVS Apache RTR 180 sebanyak 1 unit, dan TVS Apache RTR 200 hanya 6 unit. Angka-angka itu dicapai TVS selama enam bulan periode Januari sampai Juni 2018. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed